9.1 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Data Internal, PDIP Rebut 10 Kursi DPRD Batu Bara

Batu Bara, MISTAR.ID

Perolehan kursi PDI Perjuangan di DPRD Kabupaten Batu Bara periode 2024-2029 diperkirakan akan melonjak 150 % dibanding perolehan kursi tahun 2019-2024 dari 4 menjadi 10 kursi.

Perkiraan tersebut diungkapkan Sekretaris DPC PDIP Kabupaten Batu Bara, Jalasmar Sitinjak di sekretariat partai, Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Desa Simpang Gambus, Kecamatan Lima Puluh, pada Selasa (27/2/24).

Dijelaskan Jalasmar, perolehan kursi diketahui setelah pihaknya melakukan rekapitulasi internal berdasarkan C hasil perolehan suara dari 1.446 Tempat Pemungutan Suara (TPS) se-Kabupaten Batu Bara.

Baca juga:Sesuai Data Internal, Gerindra Berpeluang Rebut 6 Hingga 7 Kursi DPRD Batubara

“Kita mendapatkan 10 kursi setelah mentabulasi seluruh perolehan suara DPRD dari 7 daerah pemilihan (dapil) sebanyak 45.183,” ujar Jalasmar.

Berdasarkan tabulasi internal tersebut, PDIP memperoleh kursi terbanyak dengan 10 kursi atau 25 % dari total 40 kursi di DPRD Kabupaten Batu Bara.

Dengan demikian, jabatan Ketua DPRD Kabupaten Batu Bara kembali direbut. Pada periode 2019-2024, jabatan Ketua DPRD disandang yang juga Bendahara DPC PDIP Kabupaten Batu Bara.

Baca juga:DPC PDI Perjuangan Kota Medan Target 14 Kursi di DPRD

Sesuai tabulasi internal partai besutan Megawati Soekarnoputri itu, di urutan kedua untuk sementara ini dihuni Partai Gerindra dengan perolehan 6 kursi dari 24.721 suara.

Menyusul di posisi ketiga Partai Keadilan Sosial (PKS) dan Partai Amanat Nasional (PAN) yang diperkirakan masing-masing merebut 4 kursi.

Selanjutnya Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Demokrat yang masing-masing diperkirakan merebut 3 kursi. Kemudian Partai NasDem dengan 2 kursi, Partai Hanura dan Partai Perindo masing-masing 1 kursi.

Baca juga:Massa Minta DPRD Batu Bara Bentuk Pansus Penyerobotan Lahan oleh PT Socfindo

“Namun perkiraan tersebut masih belum baku, karena hanya berdasarkan tabulasi internal sesuai C hasil penghitungan suara,” imbuh Jalasmar.

Dia mengatakan, keputusan final perolehan suara partai politik (parpol) peserta Pemilihan Umum (Pemilu) baru diketahui setelah selesainya pleno rekapitulasi di KPU Kabupaten Batu Bara yang dijadwalkan 28 Februari 2024.

Adapun 10 kursi yang diperoleh PDIP berasal dari dapil Batu Bara 1 sebanyak 3 kursi, dapil Batu Bara 2 ada 2 kursi dan masing-masing 1 kursi dari 5 dapil lainnya. (ebson/hm16)

Related Articles

Latest Articles