20.8 C
New York
Tuesday, August 13, 2024

Bawaslu Sumut: Mahasiswa Garda Terdepan Awasi Pilkada 2024

Medan, MISTAR.ID

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mengajak para mahasiswa-mahasiswi serta seluruh civitas akademis di kampus untuk turut serta dalam pengawasan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024.

Lewat program ‘Bawaslu Ngampus’, diharapkan dapat menjaring pengawas partisipatif, meningkatkan kesadaran masyarakat, dan memberikan edukasi politik kepada generasi muda.

Saat dikonfirmasi, Kordiv Humas dan Datin Bawaslu Sumut, Saut Boang Manalu mengatakan, ini sebenarnya bukan program baru.

Baca juga:Politik Uang di Pilkada, Bawaslu Sumut: Pemberi dan Penerima Terima Sanksi

“Bawaslu Ngampus sebenarnya sudah program lama, tapi kali ini diperkuat,” katanya kepada mistar.id, Selasa (13/8/24).

Menurut Saut, mahasiswa bisa menjadi garda terdepan dalam menjaga keadilan Pemilu, serta berperan aktif pada pemilihan serentak.

“Bawaslu Ngampus bisa mengefektifkan pengawasan, melalui pengawasan para mahasiswa yang kritis terhadap kepemiluan,” sebutnya.

Baca juga:Bawaslu Sumut: Uji Petik Masih Berlangsung untuk Kawal Coklit Data Pemilih di 33 Kabupaten Kota

Harapannya, program ini dapat menjadi modal besar bagi pemilihan serentak 2024, untuk menghasilkan pemilih yang berperan aktif dalam mengawasi Pilkada pada November mendatang.

“Semakin banyak orang ikut mengawasi pemilihan, maka peluang pelanggaran pada pemilihan serentak akan mudah diminimalisir,” tutupnya. (maulana/hm16)

Related Articles

Latest Articles