14.4 C
New York
Sunday, April 28, 2024

1.446 Pengawas TPS se-Kabupaten Batu Bara Dilantik

Baru Bara, MISTAR.ID

Sebanyak 1.446 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (P-TPS) di 12 kecamatan se-Kabupaten Batu Bara secara serentak dilantik oleh masing-masing Panwascam, Senin (22/1/24).

Ketua Bawaslu Kabupaten Batu Bara M Amin Lubis menyebutkan sebanyak 1.446 Pengawas TPS tersebut akan bekerja di 1.441 TPS biasa dan 5 TPS khusus selama 1 bulan.

Sementara di Kecamatan Lima Puluh, Ketua Panwascam Kecamatan Lima Puluh Ilham Saddam, melantik 123 pengawas TPS se-Kecamatan Lima Puluh di Aula Banyuwangi, Kelurahan Lima Puluh Kota.

Baca Juga: Ini Langkah yang Ditempuh Kapolsek Labuhanruku Atasi Tawuran

Ketua Panwascam Lima Puluh, Ilham Saddam, menjelaskan bahwa para pengawas TPS telah menjalani orientasi dan pembekalan sebelumnya terkait tugas dan fungsinya dalam pengawasan Pemilu.

Menurutnya, peran mereka sangat krusial sebagai ujung tombak dan garda terdepan dalam mengawasi proses Pemilu dan Pilpres di Batu Bara.

Dalam arahannya, Ilham menekankan kepada Pengawas TPS untuk mematuhi dan menjalankan fakta integritas yang telah disepakati sebelumnya.

“Pengawas TPS ini akan melaksanakan tugas selama 1 bulan sesuai kontrak kerjanya. Saya berharap, semua Pengawas TPS dapat menjalankan amanahnya dengan baik demi terwujudnya Pemilu yang berkualitas dan berintegritas,” ungkap Ilham.

Usai dilantik, ke 123 pengawas TPS menandatangani berita acara pelantikan dan pakta integritas disaksikan Ketua Panwascam Lima Puluh, Ilham Saddam.

Baca Juga: Pileg 2024 di Siantar: Caleg Pendatang Tancap Gas Petahana Pertahankan Basis Pemilih

Sedangkan Camat Lima Puluh, Adri Aulia Harahap, menegaskan agar anggota P-TPS bertanggung jawab atas amanah yang diberikan, guna memastikan kelancaran dan keamanan Pemilu 2024.

Harahap mengingatkan anggota P-TPS untuk memahami bimbingan teknis yang akan diberikan, serta menjaga kesucian sumpah jabatan sebagai bentuk janji kepada Allah dan tanggung jawab moral.

“Saya harap semua anggota P-TPS yang telah dilantik memantapkan prinsip dan komitmen terhadap aturan yang ada, sumpah ini harus dijaga kesuciannya. Karena ini bukan hanya janji antara kita, namun ini juga janji kita kepada Allah Tuhan yang Maha Esa”, harap Camat Lima Puluh. (Ebson/hm22)

Related Articles

Latest Articles