12.6 C
New York
Saturday, April 27, 2024

UGM Pecat Dosen Fisipol yang Terlibat Kasus Pelecehan Seksual

Yogyakarta, MISTAR.ID

Universitas Gadjah Mada (UGM) memecat Eric Hiariej, seorang dosen Fisipol yang terlibat kasus pelecehan seksual terhadap seorang mahasiswi di fakultas yang sama pada 2016 silam.

Andi Sandi, Sekretaris UGM membenarkan pemecatan tersebut sudah dilakukan tahun lalu atau pertengahan tahun 2023. Dipastikan Andi, sebelum dipecat, Eric tidak lagi aktif mengajar dan statusnya sebagai tenaga pendidik sempat diturunkan sebelum dipecat.

“Kalau mengajar sudah lama sekali tidak karena dulu sempat ditransfer menjadi tendik. Setelah ada kasus, dia kemudian dialihkan sebagai tendik,” ucap Andi, Rabu (15/11/23).

Baca juga: 3 Prodi di UGM Raih Akreditasi Internasional ASIIN

Dilanjutkannya, pihak kampus sebelumnya telah memberikan sanksi berupa skorsing terhadap Eric terkait dugaan pelecehan seksual terhadap mahasiswi. Sanksi ini termasuk pembebasan dari kewajiban mengajar dan membimbing skripsi serta tesis.

“Sanksi juga berupa pembatalan usulan Eric sebagai kepala pusat kajian, dan kewajiban mengikuti program konseling dengan Rifka Annisa Women’s Crisis Center untuk menangani perilaku negatif,” tambahnya. (detik/hm20)

Related Articles

Latest Articles