24.2 C
New York
Wednesday, May 8, 2024

Delapan Ribu Kotak Suara KPU Asahan Tiba di Gudang Logistik

Asahan, MISTAR.ID
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Asahan telah menerima 8 ribu kotak suara dari total 12.295 yang diperlukan untuk logistik pada pesta demokrasi serentak Februari 2024 mendatang.
Semua kotak suara tersebut telah ditempatkan di gudang logistik KPU Asahan di Jalan Sisingamangaraja, Kisaran, setelah tiba dari Jakarta dan diangkut menggunakan truk pada Selasa (14/11/23) sore.M Syah, Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) KPU Asahan dikonfirmasi Rabu (15/11/23) menjelaskan kepada wartawan bahwa selain kotak bilik suara, mereka juga menerima segel dan tinta. Semua logistik ini diinventarisir sebelum disimpan dan diamankan di dalam gudang.

Baca juga: Logistik Pemilu Tahap Dua Tiba, KPU Simalungun Butuh 15.324 Kotak Suara Lagi

“Dari total kebutuhan kita sebanyak 12 ribu, sudah ada 8 ribu kotak yang masuk. Sisanya sedang dalam perjalanan, mungkin besok atau lusa paling lambat semuanya sudah sampai,” ungkap M Syah.

Kedatangan logistik ini merupakan gelombang kedua dari pesanan KPU Asahan. Sebelumnya, mereka telah menerima lebih dari 3 ribu kotak suara. Dengan demikian, saat ini total sudah ada lebih dari 8 ribu kotak suara yang telah tiba dan diamankan di gudang logistik.

“Selain kotak suara, juga ada segel dan tinta yang masuk. Namun, surat suara masih dalam proses pencetakan di KPU,” tambahnya.

Baca juga: Polres Samosir Kawal Logistik Pemilu 2024 ke Gudang KPU

Ketika logistik tiba di gudang, terdapat lima kotak suara yang rusak karena terkena air. Meskipun demikian, barang yang rusak tersebut dapat diajukan untuk diganti.

“Saat dalam perjalanan, ada satu bungkus yang rusak karena terkena air. Isinya lima kotak suara. Kami akan mengevaluasi dan melaporkannya untuk meminta penggantian,” jelasnya.

Perlu dicatat bahwa saat ini Kabupaten Asahan memiliki daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 562.482 orang yang akan memberikan suara di 2.449 TPS secara serentak pada tanggal 14 Februari 2023 mendatang. (perdana/hm17)

Related Articles

Latest Articles