33.6 C
New York
Monday, June 24, 2024

Tinjau Lokasi dan Korban Banjir Bandang, Jokowi Terbang ke Sumbar

Jakarta, MISTAR.ID

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Negara Iriana bertolak menuju Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) untuk meninjau lokasi dan korban banjir bandang. Presiden dan rombongan lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (21/5/24) sekitar pukul 06.30 WIB.

Jokowi dijadwalkan mendarat di Bandara Internasional Minangkabau, Kabupaten Padang Pariaman untuk kemudian langsung menuju salah satu lokasi terdampak bencana banjir bandang di Kabupaten Agam dengan berkendara mobil.

Presiden Jokowi dan rombongan selanjutnya dijadwalkan menuju Lapangan Batu Taba, Kabupaten Agam untuk meninjau posko tanggap darurat sekaligus menyerahkan santunan duka dan bantuan bagi keluarga korban terdampak bencana. Jokowi dan Iriana kemudian akan kembali menuju Bandara Internasional Minangkabau untuk kemudian lepas landas kembali ke Jakarta pada siang hari.

Baca Juga : Banjir Bandang Sumatra Barat, Puluhan Orang Meninggal Dunia

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam kegitan itu Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Rudy Saladin, Komandan Paspampres Mayjen TNI Achiruddin, serta Plt Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden M Yusuf Permana.

Hingga Sabtu (18/5/24), sebanyak 61 orang meninggal dunia imbas banjir lahar hujan atau ‘galodo’ yang melanda sejumlah wilayah Sumatera Barat. Sebanyak 29 orang meninggal dari Kabupaten Tanah Datar, 22 orang dari Kabupaten Agam, dua orang dari Kota Padang Panjang, dua orang dari Kota Padang, satu orang dari Padang Pariaman, dan lima lainnya belum teridentifikasi.

Di sisi lain, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Barat juga mencatat kerugian sementara akibat bencana banjir dan banjir bandang yang melanda sejumlah wilayah di provinsi itu berdasarkan hitung cepat diperkirakan mencapai Rp108,38 miliar.

 

Previous article
Next article
Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles