9.9 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Tiga Kepala Negara Dipastikan Tak Hadir di KTT G20 di Bali

Jakarta, MISTAR.ID

Ketua Bidang Dukungan Penyelenggaraan Acara G20 Luhut Binsar Panjaitan memastikan ada tiga kepala negara yang bakal absen pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang akan digelar 15-16 November.

“Saya kira ada 17 pemimpin yang akan tiba di sini mulai besok malam, tiga pemimpin tidak datang,” kata Luhut dalam konferensi pers yang disiarkan secara daring, Sabtu (12/11/22).

Salah satu pemimpin yang dipastikan tak akan hadir adalah Presiden Rusia Vladimir Putin. Menurut Luhut Putin tak bisa hadir karena ada masalah yang harus diselesaikan di dalam negerinya.

Baca juga: Putin Dipastikan Tidak Hadiri KTT G20 di Bali

Kemudian, Presiden Brazil Jair Bolsonaro juga dipastikan tidak akan hadir. Pasalnya, saat ini di Brazil masih dalam masa transisi setelah Pemilu beberapa waktu lalu. Hasil pemilu Brazil memenangkan mantan Presiden Luiz Inacio Lula da Silva. Luiz menang tipis dari Bolsonaro dengan masing-masing raihan 50,9 persen suara melawan 49,1 persen.

“Karena Brazil baru saja selesai pemilu, mereka tidak bisa hadir karena masalah transisi,” ujar Luhut.

Pemimpin lainnya yang tak bisa hadir yakni Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador. Luhut mengatakan Presiden Meksiko memang tidak pernah keluar dari negaranya.

“Sepanjang yang saya tahu, Presiden Meksiko tidak pernah keluar dari Meksiko. Jadi, itu tiga pemipin yang tidak akan hadir (dalam G20),” papar Luhut yang juga Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi itu.

Baca juga: Ancaman Siber Jelang KTT G20 Bali, ini Ungkapan Panglima TNI

Di sisi lain, Luhut memastikan Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping akan hadir pada G20 nanti.

“Lainnya, saya kira jika melihat jumlah delegasinya masih cukup tinggi, diskusi juga berjalan baik. Saya senang presiden Amerika dan China akan hadir di sini dan kita lihat apa yang akan terjadi,” tutur Luhut. “Saya harap akan ada sesuatu yang terjadi dalam pertemuan di Bali,” imbuhnya. (cnn/hm09)

Related Articles

Latest Articles