24.4 C
New York
Sunday, June 30, 2024

Terkait Harun Masiku, Hasto Siap Penuhi Panggilan KPK di Bulan Juli

Jakarta, MISTAR.ID

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto mengaku siap memenuhi panggilan KPK untuk diperiksa terkait kasus dugaan suap Harun Masiku pada Juli mendatang. Hasto akan berupaya untuk memenuhi panggilan KPK tersebut meski tengah mengurus ujian doktoral di bulan yang sama.

“Siap, moga-moga, karena nanti saya direncanakan tanggal 4 Juli itu ada ujian program doktoral saya yang kedua. Kemudian baru masuk ujian tertutup, baru promosi terbuka nantinya,” kata Hasto, Minggu (30/6/24).

Hasto berharap promosi doktoral terbuka yang akan dia jalankan tak digelar di waktu yang bersamaan dengan jadwal pemanggilan KPK. “Moga-moga bisa bulan Agustus, sehingga di sela-sela itu tentu saja saya siap, ya, untuk menghadiri,” tegas dia.

Diketaui, Wakil Ketua KPK Alexander Marwata menyebut Hasto meminta untuk diperiksa terkait Harun Masiku pada Juli mendatang. Hal itu diungkap Alex ketika wartawan bertanya apakah Hasto akan diperiksa kembali oleh KPK.

“Saya diberi tahu akan dipanggil lagi. Atau bahkan Pak Hasto sendiri yang akan datang sendiri kan, jadi enggak perlu panggilan. Kalau enggak salah bulan Juli atau apa yang bersangkutan minta dijadwalkan,” ujar Alex di Gedung Merah Putih KPK, beberapa waktu lalu.

Baca Juga : Usai Diperiksa KPK, Staf Hasto Akui Pernah Bertemu DPO Suap Harun Masiku

Hasto telah diperiksa dalam perkara ini, Senin (10/6/24) lalu. Hasto mengaku diperiksa selama sekitar 4 jam, namun dia berhadapan langsung dengan tim penyidik KPK hanya sekitar 1,5 jam. Hasto juga menyebut pemeriksaan itu belum masuk ke dalam pokok perkara.

Harun Masiku merupakan tersangka kasus suap terhadap mantan Komisioner KPU Wahyu Setiawan agar dapat ditetapkan sebagai pengganti Nazarudin Kiemas yang lolos ke DPR namun meninggal dunia.

Dia diduga menyiapkan uang sekitar Rp850 juta untuk pelicin agar bisa melenggang ke Senayan. Sementara itu, Wahyu yang divonis dengan pidana tujuh tahun penjara telah mendapatkan program Pembebasan Bersyarat sejak 6 Oktober 2023. (cnn/hm24)

 

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles