15.6 C
New York
Sunday, May 19, 2024

Surya Paloh Bertemu Prabowo, M Qodari: Agenda Politik NasDem dan Anies Sudah Berbeda

Jakarta, MISTAR.ID

Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari menilai pertemuan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dan Calon Presiden terpilih Prabowo Subianto, Jumat (22/3/24), menimbulkan spekulasi.

Qodari memprediksi, Surya Paloh akan membawa Partai NasDem merapat ke Prabowo-Gibran dan bergabung ke pemerintahan. Menurutnya, gelagat itu muncul ketika Surya Paloh sebagai ketua umum partai pengusung Anies-Muhaimin, menjadi tokoh pertama dari kubu rival di Pilpres 2024 yang memberi ucapan selamat kepada Prabowo-Gibran.

“Padahal, para elite partai dari koalisi perubahan (PKB dan PKS) tengah menyiapkan upaya hukum menggugat keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) atas penetapan hasil Pemilu 2024 ke Mahkamah Konstitusi (MK),” ujarnya, Sabtu (23/3/24).

Meski begitu, Qadari menilai manuver Surya Paloh bertemu dengan capres terpilih Prabowo tidak terlalu mengejutkan. Surya Paloh membuka komunikasi politik lebih awal dengan para rivalnya, termasuk dengan Presiden Jokowi pasca-pemungutan suara Pilpres 2024.

Baca Juga : Terima Hasil Pemilu 2024, Surya Paloh: Selamat Prabowo-Gibran

Dia bilang, manuver Surya Paloh tidak terlepas dari latar belakangnya sebagai mantan politikus Golkar. Sebagai bekas kader beringin yang kini menukangi NasDem, Surya Paloh punya orientasi bagian dari pemerintahan.

“Jadi, Pak Surya Paloh dan Nasdem ini kan sebetulnya Golkar aksen. Kita bisa membaca karakteristik Partai Golkar ada pada Nasdem,” kata Qodari. (jpnn/hm24)

Related Articles

Latest Articles