19 C
New York
Wednesday, May 8, 2024

Sniper Satgas Damai Cartenz Tembak Anggota KKB, Satu Tewas dan Sebagian Luka

Papua, MISTAR.ID

Seorang anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Ananias Ati Mimin, ditembak mati oleh Tim penembak runduk (sniper) Satgas Damai Cartenz di Kota Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua Pegunungan.

AKBP Bayu Suseno selaku Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz 2023, mengatakan penembakan dilakukan ketika anggota KKB tersebut sedang menyerang pesawat sipil yang melintas.

“Tim sniper kami berhasil menembak mati salah satu KKB, yang kami tembak dari jarak 800 meter saat mereka melakukan penembakan terhadap pesawat yang melintas di ketinggian Oksibil,” kata Bayu dalam keterangan tertulis, Jumat (22/9/23).

Baca juga: KKB Tembak Pesawat Empat Kali, Pilot Selamat

Tim sniper juga berhasil melukai beberapa anggota KKB lainnya. Hal itu diketahui petugas ketika melihat dengan menggunakan teropong.

Menurut Bayu, anggota KKB yang diklaim tewas bernama Ricky Sasaka. Sayangnya, petugas gabungan tidak berhasil mengamankan jasad yang bersangkutan karena dibawa oleh anggota KKB lain.

“Sayangnya, Jenazah korban dan senjata anggota KKB tersebut berhasil dibawa lari oleh kawan-kawannya masuk ke dalam hutan saat pasukan Satgas Damai Cartenz melakukan pengejaran dan penyisiran,” terangnya.

Baca juga: Teroris KKB Bentrok, Kelompok Lewis Kogoya Eksekusi Mati Anak Buah Joni Botak dengan Sadis

Sebelumnya, KKB pimpinan Ananias Ati Mimin ini dilaporkan membakar rumah dinas DPRD dan kios warga di Distrik Sembrakon, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua Pegunungan, Rabu (20/9).

Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Johanis Parinussa mengatakan aksi pembakaran tersebut adalah bentuk penolakan terhadap upaya pembangunan yang dilakukan pemerintah di daerah tersebut.

“Bentuk penolakan terhadap pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah dan bertujuan agar perekonomian di wilayah Pegunungan Bintang tidak berjalan,” ujarnya.(cnn/hm17)

Related Articles

Latest Articles