8.5 C
New York
Thursday, April 18, 2024

Sejumlah Desa di Kawasan IKN Akan Berstatus Kota

Jakarta, MISTAR.ID

Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) menyebutkan sejumlah desa di wilayah Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, akan berubah status menjadi kota. Hal ini dikarenakan sejumlah desa tersebut masuk dalam kawasan IKN.

Kepala OIKN Bambang Susantono di Penajam Paser Utara, Jumat (12/4/2024) mengatakan dalam lima tahun ke depan OIKN akan memasukkan program pembenahan dan pembangunan infrastruktur jalan desa masuk kawasan Kota Nusantara sebagai proyek yang harus dituntaskan.

OIKN memastikan program perbaikan dan pembangunan infrastruktur desa sebagai program infrastruktur Kota Nusantara.

Baca juga:Progam FEF, Anak SD di IKN Bakal Fasih Berbahasa Inggris

Program itu bisa dilakukan dengan berbagai macam skema seperti melalui instruksi presiden (Inpres) jalan daerah. Tetapi terlebih dahulu dana desa yang cukup besar dimaksimalkan penggunaannya untuk saat ini.

Selain itu, OIKN juga menyiapkan pemberdayaan kesejahteraan keluarga meningkatkan kesiapan warga menyambut Kota Nusantara, karena membuka kesempatan dari sektor ekonomi.

“Kami akan siapkan warga agar faham bagaimana mengelola finansial dan transaksi digital,” kata Bambang menjelaskan.

Baca juga:250 Ribu Formasi CPNS Khusus IKN Dibuka

Sehingga menurut Bambang, identitas warga berupa kartu tanda penduduk (KTP) juga bakal berganti menjadi KTP Kota Nusantara, bukan lagi Kecamatan Sepaku. (antara/hm06)

 

Related Articles

Latest Articles