19.7 C
New York
Wednesday, August 14, 2024

Respon Dugaan Larangan Paskibraka Pakai Jilbab, MUI Serukan Boikot

Jakarta, MISTAR.ID

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Dakwah Cholil Nafis menyampaikan protes keras sebagai respon munculnya dugaan dugaan pelarangan penggunaan jilbab bagi petugas Paskibraka.

Larangan penggunaan jilbab ditujukan kepada petugas Paskibraka perempuan beragama Islam yang bertugas mengibarkan bendera pada HUT RI ke-79 di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Menurut Cholil, dugaan pelarangan jilbab itu sebagai bentuk kebijakan yang tidak Pancasilais. “Sila Ketuhanan yang Maha Esa itu menjamin hak melaksanakan ajaran agama,” kata Cholil dikutip di laman resmi MUI, Rabu (14/8/24) sore.

Baca Juga : Daftar Petugas Paskibraka Pengibaran Bendera HUT RI ke-79 di IKN

Cholil lantas mendesak agar larangan itu dicabut jika benar adanya. Jika tidak ada kebebasan dalam berjilbab, Cholil menyarankan para peserta Paskibraka perempuan yang awalnya berjilbab sebaiknya pulang saja.

Sebelumnya terdapat kabar dugaan pasukan Paskibraka 2024 yang perempuan beragama Islam mencopot jilbab ramai menjadi pembahasan warganet. Hal ini diketahui dari sejumlah foto yang beredar di media sosial, tak ada Paskibraka perempuan 2024 yang berhijab.

Anggota Dewan Pengarah BPIP Amin Abdullah dan Staf Khusus Dewan Pengarah BPIP Benny Susetyo belum memberikan keterangan terkait kabar ini. (mtr/hm24)

 

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles