11.6 C
New York
Thursday, May 2, 2024

Pertajam Kemampuan, 10 Negara Anggota ASEAN Latihan Solidaritas di Natuna

Riau, MISTAR.ID

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono membuka Latihan Solidaritas ASEAN Natuna 2023 (ASEX-01 N) di Dermaga Batu Ampar, Batam, Kepulauan Riau, pada Selasa (19/9/23).

Latihan tersebut dihadiri oleh 10 negara anggota ASEAN dan Timor-Leste sebagai pengamat. Kegiatan ini merupakan latihan non-tempur pertama yang melibatkan seluruh angkatan bersenjata negara anggota ASEAN.

TNI sebagai penggagas latihan ini ingin menegaskan bahwa persatuan antar negara anggota akan terus dijaga. ASEAN harus selalu menjaga persatuan dan hubungan harmonis satu sama lain di tengah keberagaman, kata Laksamana Margono saat membuka pidato.

Baca juga: Korsel dan Amerika Serikat Latihan Militer, Pemimpin Korut Awasi Rudal Jelajah Staregis

Ia meyakini seluruh kekuatan militer negara-negara ASEAN sepakat untuk terus mengintensifkan kerja sama yang mencakup pertukaran pengetahuan dan informasi serta taktik militer.

“Dalam latihan gabungan ini, TNI Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara akan dilibatkan dalam berbagai kegiatan non-tempur, antara lain kegiatan keamanan maritim, aksi pencarian dan penyelamatan, program teknik sipil (ENCAP), pelayanan kesehatan (MEDCAP), dan diskusi pakar. kegiatan (Subject Matter Expert Exchange), kualifikasi pendaratan dek, dan pengisian ulang di laut,” ujarnya.

Laksamana berharap agar para peserta dapat saling belajar dalam latihan bersama ini dan meningkatkan profesionalisme kerjanya.

Baca juga: KTT ASEAN di Jakarta Momentum Mendorong Perdamaian di Tengah Konflik Global Akibat Kesenjangan

“Kegiatan ini akan memperkuat dan mempertajam kemampuan kita dalam menjaga perdamaian, kesejahteraan, dan keamanan di kawasan,” tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama, beliau juga mengingatkan para peserta untuk mengikuti pedoman dan prosedur keamanan dan keselamatan selama seluruh rangkaian latihan bersama.

Adapun 10 Negara ASEAN yang terlibat dalam ASEX-01 Natuna 2023 adalah Indonesia sebagai pemrakarsa dan tuan rumah, kemudian Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Kamboja, Thailand, Laos, Myanmar, Vietnam, dan Filipina, sedangkan Timor-Leste bertindak sebagai pengamat.

Baca juga: China Bantah, Kapal Militer tidak Mendekati Wilayah Latihan Militer ASEAN-India

Hadir juga sejumlah pemimpin negara sahabat, antara lain Panglima Angkatan Darat Malaysia Jenderal Tan Sri Datuk Seri Mohammad bin Ab Rahman, Panglima Angkatan Bersenjata Singapura Laksamana Madya Aaron Beng, dan Wakil Kepala Staf Gabungan Laksamana Angkatan Bersenjata Kerajaan Thailand. Thani Kaewkao.

Dalam latihan tersebut, TNI mengerahkan dua kapal perang yaitu KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 dan KRI Jhon Lie-358.

Sementara itu, Angkatan Darat Malaysia mengerahkan kapal patroli KD Trengganu, Brunei Darussalam mengerahkan kapal patroli KDB Darulehsan, dan Singapura mengerahkan kapal perang korvet RSS Vigour.

Kapal-kapal tersebut akan berpatroli bersama di Laut Natuna Utara dalam rangkaian latihan bersama pada 18-23 September 2023.(antara/hm17)

 

Related Articles

Latest Articles