13.2 C
New York
Thursday, May 2, 2024

Penumpang Bantu Seorang Wanita Melahirkan di KRL Walahar

Jakarta, MISTAR.ID – Ada kejadian tidak biasa di atas kereta rel listrik (KRL) KA Walahar pada Kamis (18/5/23) pagi pukul 09.20 WIB. Seorang wanita yang tengah hamil melahirkan yang dibantu penumpang KRL dan petugas keamanan kereta.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba membenarkan kejadian ini. Ia menjelaskan, seorang wanita yang tengah hamil tua duduk di bangku ekonomi 6 atau bangku prioritas saat kereta api menuju Stasiun Cikarang. Wanita tersebut mengalami kontraksi.

“Dalam perjalanan menuju Stasiun Cikarang, wanita hamil tersebut mengalami kontraksi. Bertepatan saat petugas keamanan sedang memeriksa antar kereta. Pengguna tersebut naik dari Stasiun Cibungur,” kata Anne dalam keterangannya, Jumat (19/5/23).

Baca Juga: Mengenal Hipertensi Pada Ibu Hamil dan Cara Mencegahnya

Petugas dibantu penumpang langsung membantunya. Petugas juga mencari penumpang KRL yang berprofesi sebagai dokter atau bidan. Sayangnya, masih kata Anne, tidak ada yang berprofesi sebagai dokter atau bidan saat itu.

Akhirnya beberapa penumpang perempuan KRL membantu ibu hamil tersebut. Beruntung, bayi yang dilahirkan berjenis kelamin perempuan lahir dengan selamat.

“Dengan bantuan penumpang perempuan lainnya, dengan peralatan seadanya pula, bayi perempuan lahir dengan selamat di atas KA Walahar,” jelasnya.

Baca Juga: Pasien Melahirkan di Ambulans, Bayi Meninggal, RSUD Sidikalang Bilang Begini

Lebih lanjut, petugas keamanan kereta berkoordinasi dengan petugas di Stasiun Cikampek untuk mempersiapkan tandu guna memberikan pertolongan kepada ibu dan bayi.

“Setelah kondisi ibu dinyatakan stabil, selanjutnya dirujuk ke RS Izza Cikampek,” pungkasnya. (okezone/hm20)

Related Articles

Latest Articles