24 C
New York
Friday, July 5, 2024

Mulai 15 Juli, Kementerian PUPR Salurkan Air Bersih ke IKN

Jakarta, MISTAR.ID

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengumumkan penyaluran air bersih di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, mulai 15 Juli 2024.

Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Nusantara (IKN) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Danis Hidayat Sumadilaga, mengatakan tahap commissioning penyaluran air bersih diperkirakan akan dilakukan pada 10 Juli.

“Tanggal 10 Juli kita akan melakukan commissioning atau lebih cepat lagi,” katanya, Jumat (5/7/24).

Baca juga: BPK Temukan Sejumlah Masalah Pembangunan IKN Nusantara

Lampiran Peraturan Presiden Nomor 63 Tahun 2022 tentang Rincian Rencana Induk Ibu Kota Nusantara mengamanatkan pengelolaan air minum di IKN harus memenuhi baku mutu air minum.

Pada tahap pertama, Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) yang merupakan bagian dari prasarana dan sarana air minum difokuskan untuk memenuhi kebutuhan air domestik dan nondomestik. Fasilitas SPAM bertujuan untuk memenuhi kebutuhan air minum yang aman.

Untuk melayani Ibu Kota Negara Nusantara, air baku akan diambil dari sumbernya dan didistribusikan melalui pipa transmisi ke instalasi pengolahan air.

Baca juga: Jokowi Pastikan Mundurnya Kepala OIKN Tak Mempengaruhi Investor

Dari instalasi pengolahan air, air minum bersih akan disalurkan melalui pipa transmisi ke reservoir utama dan kemudian ke jaringan distribusi gravitasi ke daerah yang dilayani.

Reservoir utama diperlukan untuk menjaga keseimbangan antara produksi dan konsumsi air minum dan mengakomodasi kegiatan pemeliharaan jaringan.

Desain teknis jaringan distribusi harus mempertimbangkan beberapa aspek seperti kondisi topografi, cakupan layanan, kecepatan aliran air dan tekanan air dalam pipa, tekanan di daerah layanan terjauh, dan kapasitas distribusi air. (antara/hm17)

Related Articles

Latest Articles