18.4 C
New York
Wednesday, May 8, 2024

Menko PMK dan Dubes RI untuk Beirut Salat Idul Adha di Gedung PP Muhammadiyah

Jakarta, MISTAR.ID

Menteri Koordinator (Menko) Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy melaksanakan salat Idul Adha 1444 Hijriah di Gedung Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Jakarta Pusat, Rabu pagi (28/6/23).

Selain Menko PMK, Duta Besar RI untuk Beirut, Hajriyanto Y Thohari juga melaksanakan salat Idul Fitri di Gedung PP Muhammadiyah Jakarta Pusat.

Menurut Ketua Panitia Salat Idul Adha Gedung PP Muhammadiyah, Zainal Abidin, Rabu pagi yang cerah, salat Idul Adha di Gedung PP Muhammadiyah tersebar hingga Jalan Raya Menteng.

Baca juga : Berpotensi Beda, Muhammadiyah Usulkan Libur Idul Adha 2 Hari

Sekretaris Majelis Tarjih PP Muhammadiyah, KH Endang Mintarja menjadi imam dan khatib pada salat Idul Adha di gedung PP Muhammadiyah.

Zainal mengatakan pengurus PP Muhammadiyah telah mendapat izin dari pihak keamanan setempat untuk menggunakan sebagian jalan Gondangdia untuk salat Idul Fitri.

Satu jalur jalan Stasiun Kereta Api Gondangdia ditutup mulai pukul 06.00 WIB dan kendaraan yang menuju Monumen Nasional pada saat Salat Ied dialihkan ke jalan lain.

Baca juga : Ada Perbedaan Idul Adha 2023, Ini Imbauan Ketua MUI Sumut

Sebelumnya, Zainal mengatakan PP Muhammadiyah mengirimkan 19 ekor sapi kurban kepada pimpinan cabang Muhammadiyah dan Pesantren Muhammadiyah di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi untuk disembelih saat Idul Adha.

Warga Muhammadiyah melaksanakan salat Idul Adha 1444 Hijriah lebih awal sebelum keputusan pemerintah. Pemerintah telah menetapkan Idul Adha 1444 Hijriah pada Kamis, 29 Juni 2023.

Kondisi Idul Adha dan Idul Fitri terkadang berbeda, namun umat Islam pada umumnya tidak mempedulikan perbedaan tersebut. (ant/hm18)

Related Articles

Latest Articles