19.7 C
New York
Monday, April 15, 2024

Menhub Siapkan Lima Kapal Hadapi Lonjakan Kendaraan di Pelabuhan Bakauheni

Banten, MISTAR.ID

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memperkirakan lonjakan arus balik akan terjadi hari ini, Senin (15/4/24). Pihaknya pun telah mempersiapkan lima unit kapal, tiga di antaranya menggunakan pola TBB (tiba, bongkar dan berangkat).

Pola ini diharapkan dapat mengatasi lonjakan kendaraan sehingga tidak terjadi di Pelabuhan Bakauheni, Lampung yang hendak menuju Pulau Jawa.

Walaupun hanya tiga kapal TBB, kata Sumadi, tetapi pelayanan yang berlangsung sudah landai. “Konservatif gitu ya,” ujarnya.

Budi menjelaskan, sebelumnya pada saat arus mudik, pihaknya mengoperasikan kapal TBB dari Pelabuhan Ciwandan menuju Pelabuhan Panjang, sehingga bisa menyangga jumlah perjalanan kapal dari Pelabuhan Merak ke Pelabuhan Bakauheni.

Baca juga: Puncak Arus Balik Mudik di Bakauheni Diprediksi pada 15 April 2024

“Dan yang penting untuk arus balik ini bagaimana Pelabuhan Panjang difungsikan dengan baik dan masyarakat dari Bandar Lampung menggunakannya secara maksimal,” ujarnya.

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) dalam pelayanan arus balik dari Sumatera ke Jawa melalui Pelabuhan Bakauheni dan Pelabuhan Panjang, maupun sebaliknya dari Jawa ke Sumatera melalui Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Ciwandan, menyediakan sebanyak 66 unit kapal.

ASDP mencatat pada Sabtu (13/4) jumlah penumpang arus balik yang diseberangkan dari Bakauheni ke Merak sebanyak 115.950 orang, naik dari sehari sebelumnya sebanyak 68.939 orang.

Selain penumpang, jumlah kendaraan roda dua yang diseberangkan pada hari yang sama mencapai 12.544 unit atau naik dari sehari sebelumnya 5.984 unit, serta roda empat sebanyak 14.415 unit dari sehari sebelumnya sebanyak 8.905 unit. (antara/hm17)

Related Articles

Latest Articles