22.6 C
New York
Wednesday, June 19, 2024

Puncak Arus Balik Mudik di Bakauheni Diprediksi pada 15 April 2024

Jakarta, MISTAR.ID

Puncak arus balik di Pelabuhan Bakauheni, Lampung diprediksi terjadi pada Senin (15/4/24). Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan mengatakan, 80 persen dari pemudik yang datang ke Sumatera melalui Bakauheni belum kembali ke Pulau Jawa.

“Artinya mungkin besok, hari ini, malam ini, besok kemungkinan akan terjadi arus yang menyeberang ke Jawa,” ujar Aan di Tol Cikampek, Minggu (14/4/24), seperti dilansir CNN Indonesia.

Ia mengatakan, kepolisian belum menerapkan strategi delaying system atau menahan kendaraan yang menuju pelabuhan di berbagai titik. Hal itu dikarenakan arus lalu lintas menuju pelabuhan pada hari ini masih lancar.

Baca juga: ASN Diizinkan WFH Pasca Libur Lebaran

“Bakauheni, laporan dari Pak Kapolda ini kita belum menerapkan strategi delay system, artinya arus lalu lintas yang mau masuk ke pelabuhan ini masih lancar,” kata Aan.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan penyeberangan rute Sumatera-Jawa ditambah dari 131 menjadi 146 trip pelayaran selama masa angkutan arus balik Lebaran 2024.

Hal itu disampaikan Budi saat melakukan peninjauan di Pelabuhan Bakauheni dan Pelabuhan Panjang, Lampung.

“Langkah antisipasi [menghadapi arus balik Idul Fitri] antara lain menambah jumlah kapal yang dioperasikan dari 131 menjadi 146 trip rute Sumatera-Jawa,” kata Budi di Jakarta, Minggu, seperti dilansir Antara.

Related Articles

Latest Articles