8 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Lulusan Polri Terbaik Pimpin Sidang Etik Sambo, Ini Profilnya

Jakarta, MISTAR.ID
Kepala Badan Intelijen Keamanan (Kabaintelkam) Komjen Ahmad Dofiri dihunjuk oleh Kapolri untuk menjadi Ketua Komisi Etik Polri (KKEP), terkait dugaan pelanggaran etik mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo.

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo membenarkan hal itu. Dia juga memastikan, sidang etik terhadap tersangka pembunuhan berencana Brigadir J itu akan digelar, Kamis (25/8/22), di Mabes Polri Jakarta Selatan.

“Dipimpin Pak Kabaintelkam Ahmad Dofiri,” ujarnya kepada wartawan, Rabu (24/8/22).

Baca Juga:Hari Ini, Sidang Etik Ferdy Sambo Dihadiri Sejumlah Saksi

Komjen Ahmad Dofiri menyelesaikan studinya di Akademi Polisi (Akpol) pada tahun 1989 dengan predikat lulusan terbaik atau peraih Adhi Makayasa di angkatannya.

Jabatan awal Dofiri merupakan Kanit Resintel Polsekta Tangerang tahun 1990. Dilanjutkan sebagai Kassubag Jabpamentil Bagian SDM Polri pada tahun 2005.

Tahun 2009 Komjen Dofiri menjabat sebagai Wakapolwiltabes Bandung. Pada tahun yang sama, Dofiri menjadi Kapoltabes Yogyakarta.

Baca Juga:Ferdy Sambo Ajukan Surat Pengunduran Diri

Ia pernah menjabat sebagai Karobinkar SSDM Polri pada tahun 2014 lalu. Kemudian, pada tahun 2016, Dofiri sebagai polisi nomor satu alias Kapolda di Provinsi Banten.

Lalu dia ditarik untuk bertugas di Mabes Polri. Dofiri pun menjabat sebagai Karosunluhkum Divkum Polri.

Pria Kelahiran Indramayu, 4 Juni 1967 ini juga menjadi salah satu anggota polisi yang tergabung dalam tim khusus (timsus) dalam kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J.

Baca Juga:Kapolri: Kasus Sambo Pil Pahit Bagi Kepolisian

Diberitakan sebelumnya, Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan sidang dugaan pelanggaran etik terhadap Ferdy Sambo bakal dilaksanakan secara tertutup di Gedung TNCC Divisi Propam Polri, Jakarta Selatan, mulai pukul 09.00 WIB.

“Info dari Wabprof, besok (hari ini) sidang Komisi Kode Etik Polri (KKEP) FS jam 09.00 WIB di Ruang Sidang KKEP Gedung TNCC Lt.1 Rowabprof Divpropam Polri. Secara tertutup,” kata Dedi ketika dikonfirmasi, Rabu (24/8/22).(cnn/hm10)

Related Articles

Latest Articles