23.2 C
New York
Wednesday, August 7, 2024

Kemenlu RI Akan Evakuasi WNI di Bangladesh

Jakarta, MISTAR.ID

Buntut Kerusuhan berdarah yang terjadi di Bangladesh, Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemlu) rencananya akan evakuasi warga negara Indonesia (WNI) di negara tersebut.

“Rencana kontingensi telah disiapkan, KBRI telah menyampaikan imbauan dan menyiapkan safe house di premis KBRI,” kata Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kemlu RI, Judha Nugraha, dikutip dari cnn, Rabu (7/8/24)

Diterangkannya KBRI akan terus memantau situasi dari dekat dan akan menyesuaikan status siaga sesuai kondisi di lapangan. “salah satunya mengantisipasi evakuasi bagi WNI sebab KBRI Dhaka saat ini telah menetapkan Siaga II di Bangladesh,” jelasnya.

Baca juga: 1 WNI Tewas Akibat Kerusuhan di Bangladesh

KBRI Dhaka juga mengimbau WNI di Bangladesh untuk meningkatkan kewaspadaan, mengurangi aktivitas luar rumah yang tak esensial, dan menghindari kerumunan massa serta lokasi demonstrasi.

Selain itu, KBRI meminta para WNI bisa terus menjaga komunikasi dan mengikuti langkah-langkah kontingensi yang ditetapkan pihak berwenang Indonesia.

Kemlu juga mengimbau warga Indonesia yang ingin ke Bangladesh untuk menunda perjalanan hingga situasi kondusif. Akibat kerusuhan berdarah ini ratusan orang dilaporkan tewas termasuk 1 WNI. (cnn/hm25)

Related Articles

Latest Articles