24.5 C
New York
Tuesday, June 25, 2024

Kembali dalam Kedaulatan RI, Satu Anggota OPM Menyerahkan Diri

Jakarta, MISTAR.ID

Seorang anggota Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang melakukan penyerangan terhadap Pos Koramil Kisor Tahun 2021 yang telah ditetapkan daftar pencarian orang (DPO) menyerahkan diri.

Pihak TNI dalam siaran persnya diotentifikasi oleh Penkogabwilhan III, Jumat (26/4/24), menyatakan penyerangan Posramil Kisor tersebut dilakukan oleh OPM Kelompok Goliath Tabuni oleh sekitar 50 orang yang telah mengakibatkan 4 orang personel TNI-AD gugur.

Penyerangan diketahui berdasarkan informasi yang diterima dari masyarakat bahwa ada 2 orang anggota OPM yang berada di Kampung Roma dan Kampung Tolak yang salah satunya dalam kondisi sakit atas nama Setam Same.

Satgas Pamtas kewilayahan Yonif 133/YS kemudian memerintahkan 2 Tim Mobile melaksanakan patroli pengintaian di Kampung Roma dan Kampung Tolak untuk mendapatkan keterangan terkait keberadaan dua orang anggota OPM tersebut.

Baca Juga : Penyebutan KKB Jadi OPM Berdampak Politis Bagi Indonesia

Pada Rabu (24/4/24) sekitar pukul 06.00 WIT, salah satu anggota atas nama Setam Same menyerahkan diri mendatangi Kepala Distrik dan Kadis Pertanahan yang berdomisili di Kampung Kisor untuk mencari perlindungan dan menyerahkan diri bergabung kembali ke dalam NKRI. Namun, satu orang anggata OPM atas nama Simon Fatemte melarikan diri kembali ke hutan.

Kapen Kogabwilhan III Kolonel Czi Gusti Nyoman Suriastawa membenarkan atas penyerahan diri anggota OPM tersebut. “Saat ini masih berada di Pos Kisor untuk diminta keterangan, selanjutnya diserahkan ke pihak Kepolisian untuk proses lebih lanjut,” ujar Kapen.

Kapen juga memastikan terhadap anggota OPM itu sudah diberikan bantuan kesehatan, akibat sakit yang diderita Setam Same oleh Dokter Satgas Pamtas kewilayahan Yonif 133/YS. (mtr/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles