23.1 C
New York
Saturday, June 29, 2024

Jokowi Targetkan Pansel Capim KPK Tuntas Juni 2024

Kolaka Utara, MISTAR.ID

Pembentukan Panitia Seleksi (Pansel) calon pimpinan (capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sedang dalam proses dan ditargetkan selesai Juni mendatang.

“Ini baru disiapkan, nanti Juni telah kita selesaikan,” ujar Presiden Joko Widodo (Jokowi), usai mengunjungi Pasar Sentral Lacaria, Kabupaten Kolaka Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), pada Selasa (14/5/24).

Namun Jokowi enggan menyebut nama-nama kandidat yang mencuat hingga kini. Tetapi Presiden memastikan Pansel Capim KPK nantinya bakal mempunyai integritas dan berkonsentrasi pada pemberantasan korupsi.

Baca juga:KPK Periksa Windy Idol Sebagai Saksi

“Tokoh yang baiklah, memiliki integritas, concern pada pemberantasan korupsi, saya kira banyak sekali, tinggal nanti dipilih,” tukasnya.

Sebelumnya pihak Istana Negara membeberkan anggota Pansel Capim KPK sebanyak 9 orang. Komposisinya akan lebih banyak nama dari unsur pemerintah.

“Itu terdiri 5 orang dari unsur pemerintah dan 4 orang dari masyarakat yang akan ditetapkan lewat Keputusan Presiden (Keppres),” ucap Koordinator Staf Khusus Presiden Jokowi, Ari Dwipayana.

Baca juga:Kenakan Jaket Ungu, Bupati Sidoarjo Penuhi Panggilan KPK

Belum ada pengumuman perihal siapa saja kesembilan nama itu. Hanya Ari menggaransi nama-nama itu pasti sesuai harapan masyarakat.

“Nama-nama calon anggota Pansel Capim dan Dewas KPK terus digodok dengan mempertimbangkan harapan-harapan masyarakat agar mendapatkan anggota Pansel yang kredibel dan berintegritas,” tandas Ari. (dtk/hm16)

Related Articles

Latest Articles