22.5 C
New York
Tuesday, July 2, 2024

Jokowi Bakal Gelar Rapat Terbatas Bahas Kinerja Bea dan Cukai

Jakarta, MISTAR.ID

Rapat terbatas (ratas) akan dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membicarakan kinerja Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Itu disampaikan kepala negara merespons pertanyaan awak media perihal kinerja DJBC yang baru-baru ini menjadi sorotan umum.

“Ya tunggu kami ratas kan, di rapat internal (kabinet),” paparnya kala sesi tanya jawab dengan wartawan di RSUD Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), pada Selasa (14/5/24).

Baca juga:Polda Sumut: Temuan Ratusan Balpres Pakaian Bekas Diserahkan ke Bea dan Cukai

Selama beberapa minggu terakhir DJBC Kemenkeu menjadi sorotan masyarakat. Itu sejalan dengan berbagai keluhan diutarakan masyarakat terhadap pelayanan yang dilakukan DJBC.

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati pun telah memberikan arahan terhadap pimpinan DJBC pada bulan April lalu. Ketika itu, Sri Mulyani meminta DJBC untuk membagusi pelayanan imbas hebohnya 3 kasus perihal kebijakan importasi barang yang viral di media sosial (medsos).

Ketiga kasus yang heboh itu terkait masyarakat yang membeli sepatu bola senilai Rp 10 juta, namun diminta bea masuk Rp 31 juta. Lalu bantuan alat belajar untuk Sekolah Luar Biasa (SLB) diterapkan bea masuk ratusan juta. Dan terakhir kiriman paket mainan Megatron milik influencer yang ditahan Ditjen Bea Cukai.

Baca juga:Cegah Masuknya Pakaian Impor Bekas, TNI-Polri bersama Bea dan Cukai Teluknibung Gelar Patroli Laut

Sri Mulyani kembali mengumpulkan para pejabat DJBC untuk membicarakan tindak lanjut dari berbagai keluhan yang disampaikan masyarakat. Lewat postingan akun resmi Instagramnya, Menkeu periode 2005-2009 ini menuturkan, pertemuan berlangsung pada Senin (13/5/24) di Kantor DJBC Kemenkeu.

Pertemuan dihadiri Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu), Suahasil Nazara, para pejabat eselon I Kemenkeu.

“Kami membahas tindak lanjut dari berbagai masukan yang diberikan masyarakat – khususnya beberapa minggu belakangan. Serta perbaikan fundamental dari institusi @beacukairi,” tulis bendahara negara itu di akun Instagramnya. (kcm/hm16)

Related Articles

Latest Articles