11.1 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Joki CPNS Berhasil Diamankan di Lampung

Lampung, MISTAR.ID

Seorang wanita, RT (20) yang diduga menjadi joki selama pelaksanaan tes seleksi kompetensi dasar calon pegawai negeri sipil (CPNS) Kejaksaan tahun 2023 berhasil diamankan. Ricky Ramadhan, Kepala Seksi Penerangan dan Hukum Kejati Lampung memastikan penangkapan joki terjadi pada Senin (13/11/23) lalu.

Penangkapan diawali setelah Tim Pengamanan Sumber Daya Organisasi (PAM SDO) Intelijen Kejati Lampung bersama panitia pengawas tes CPNS menemukan ketidakcocokan antara wajah asli peserta dan foto pada data aplikasi registrasi PIN.

Ditambahkan Ricky, modus operandi yang digunakan joki ini dengan mendaftar sebagai peserta ujian, menggunakan pakaian seragam peserta dan membawa nomor peserta ujian serta KTP.

Baca juga: Peserta CPNS yang Ketahuan Curang Diblokir 3 Tahun

“Namun, ketika dilakukan pemeriksaan wajah dan identitas, aplikasi registrasi tidak dapat mendeteksi wajahnya, sehingga panitia meminta agar ia menunggu di kursi peserta,” jelas Ricky, Rabu (15/11/23).

Setelah pemeriksaan lebih lanjut, terungkap bahwa foto yang digunakan di KTP miliknya identik dengan KTP peserta lain yang tertinggal pada hari sebelumnya. Tim panitia segera melibatkan Tim PAM SDO Intelijen untuk mengamankan wanita tersebut.

“Yang bersangkutan telah ditangkap polisi untuk pemeriksaan lebih lanjut,” tutupnya. (berbagai sumber/hm20)

Related Articles

Latest Articles