19.5 C
New York
Tuesday, May 7, 2024

Identitas Wanita yang Jadi Joki CPNS Terungkap

Lampung, MISTAR.ID

Identitas wanita yang menjadi joki di seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kejaksaan terungkap. Kombes Pol Umi Fadillah Astutik, Kabid Humas Polda Lampung mengatakan jika joki wanita bernama Ratna Devinta Salsabila, warga Kecamatan Tanjungkarang Pusat, Bandar Lampung.

Ia berstatus sebagai mahasiswi Institut Teknologi Bandung (ITB). Umi menjelaskan bahwa modus operandi yang digunakan oleh pelaku melibatkan modifikasi identitas peserta CPNS yang sebenarnya.

Pelaku tertangkap saat berusaha memasuki ruang seleksi CPNS menggunakan identitas palsu yang telah dimodifikasi oleh timnya.

Baca juga: Joki CPNS Berhasil Diamankan di Lampung

“Tim yang membantu pelaku dalam modifikasi identitas palsu juga telah diketahui. Motif dari perbuatan ini diindikasikan oleh faktor ekonomi, meskipun rincian upah dan frekuensi pelaku dalam melakukan joki CPNS masih menjadi bagian dari penyelidikan,” tambah Umi, Kamis (16/11/23).

Diberitakan sebelumnya, penangkapan dilakukan setelah petugas mengetahui tidak adanya kecocokan dengan data yang dimilikinya saat ujian seleksi CPNS digelar di Gedung Graha Achava Join, Kecamatan Rajabasa, Bandar Lampung. Pelaku kemudian diamankan oleh tim Kejati Lampung, Senin (13/11/23). (mtr/hm20)

Related Articles

Latest Articles