10.4 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Hari Ini 8 Provinsi di Indonesia Berpeluang Diterpa Angin Kencang

Jakarta, MISTAR.ID

Diperkirakan ada 8 Provinsi di Indonesia berpeluang diterpa angin kencang pada hari ini, Jumat (5/1/24).

Dilansir dari situs Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pemicu angin kencang dengan kekuatan lebih dari 45 km/jam melanda beberapa daerah akibat peningkatan pertumbuhan awan cumulonimbus (CB).

Keadaan itu rawan memicu terjadinya hujan disertai kilat, petir dan angin kencang yang cukup intens.

Baca juga:Taiwan Bersiap Menghadapi Angin Kencang dan Hujan Saat Topan Koinu Mendekat

Sejumlah Provinsi di Indonesia yang berpotensi terjadi angin kencang yakni, Aceh, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Utara dan Kalimantan Selatan

BMKG menyatakan, peluang angin kencang yang bisa disertai hujan dengan intensitas sedang sampai deras pada awal tahun 2024 cukup tinggi.

Keterangan BMKG, lonjakan cuaca ekstrem yang ditandai dengan angin kencang di beberapa daerah di Indonesia dipengaruhi sejumlah faktor, seperti monsun asia musim dingin aktivitas madden jullian oscillation aktivitas gelombang rossby pola pertemuan angin, serta belokan angin di sekitar wilayah Sumatera, Jawa dan Kalimantan.

Baca juga:Angin Kencang Disertai Hujan Es Terjang Parbuluan, Sejumlah Rumah Dilaporkan Rusak Berat

Selain angin kencang, BMKG meminta warga hati-hati dengan potensi hujan deras di sejumlah wilayah, termasuk Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Kepulauan Bangka Belitung, Sumatera Selatan dan Lampung.

Kemudian Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Sulawesi Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Proyeksi cuaca BMKG angin kencang hari ini, masyarakat dihimbau terus waspada dan bersiap mengantisipasi cuaca ekstrem disertai hujan deras, kilat atau petir hingga seminggu ke depan. (kcm/hm16)

Related Articles

Latest Articles