13.6 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Gunung Raung Keluarkan Abu Vulkanik Intensitas Sedang

Banyuwangi, MISTAR.ID

Setelah melakukan pengamatan selama 24 jam Pos Pantau Gunung Api (PPGA) Raung melaporkan jika gunung ini mengeluarkan abu vulkanik dengan intensitas sedang. Dimana, abu vulkanik tercatat memiliki ketinggian 50 meter dari atas puncak.

“Asap kawah bertekanan lemah teramati berwarna putih dengan intensitas sedang dan tinggi 50 meter di atas puncak Gunung,” ujar Petugas PPGA Raung, Burhan Alethea, Jumat (8/12/2023).

Meskipun demikian, tingkat aktivitas Gunung Raung masih berada pada status level I Normal.

“Kami mengimbau agar masyarakat atau wisatawan tidak mendekati pusat erupsi di kawah puncak dengan radius 500 meter,” ungkap Burhan.

Baca juga: Korban Meninggal Dunia Akibat Erupsi Marapi Jadi 23 Orang

Selain itu, PPGA Raung juga meminta masyarakat tidak turun ke dasar kawah. Hal ini dilakukan sebagai langkah pertimbangan untuk menjaga keamanan dan keselamatan.

Dari segi cuaca, sesuai pengamatan saat ini dalam kondisi cerah berawan, hingga mendung. Angin bertiup lemah ke arah utara dan selatan, dengan suhu udara berkisar antara 18-37 derajat Celsius.

“Terjadi gempa hembusan sebanyak 9 kali, dengan amplitudo 4-6 mm, dan durasi 28-42 detik,” tambah Burhan. (Liputan6/hm20)

Related Articles

Latest Articles