19.1 C
New York
Monday, April 29, 2024

BNPB: Banjir di Tengah Kemarau Merupakan Fenomena Global

Jakarta, MISTAR.ID

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat bahwa saat musim kemarau, terjadi fenomena bencana banjir yang beriringan dengan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari menjelaskan, bahwa fenomena serupa tak hanya terjadi di Indonesia, tetapi juga di wilayah lain di seluruh dunia.

Muhari menjelaskan bahwa dalam beberapa bulan terakhir, cuaca telah menunjukkan variasi atau tingkat kejadian yang tinggi, yang berdampak sangat signifikan terutama terhadap karhutla dan banjir.

Baca Juga: Warga Protes, Proyek Drainase Dinas PRKP Siantar di Jalan Mataram I Timbulkan Banjir  

“Jadi ini mungkin ada dua fenomena yang berlawanan terjadi satu panas, satu banjir tidak cuma di Indonesia dan skala lokal tapi skala global pun terjadi,” katanya dalam keterangan tertulis, seperti dilansir Republika, Selasa (22/8/23).

Diungkapkannya, bahwa beberapa negara menghadapi situasi kering yang memicu karhutla besar, seperti yang terjadi di Kanada, Spanyol, dan Hawai.

“Di dunia saat ini di Kanada sangat luar biasa, di Amerika di Hawaii,” katanya.

Di Hawaii, warga bahkan harus terjun ke laut karena saking rapatnya blok-blok perumahan dan hampir seluruhnya terbakar.

“Sehingga tidak ada ruang untuk masyarakat bisa menghindar dari api kecuali melompat ke laut. Itu juga sampai sekarang masih terus ditangani. Di Spanyol, khususnya di Tenerife, situasinya juga belum terkendali. Di Indonesia sendiri, situasi serupa juga terjadi,” bebernya.

Baca Juga: Kebakaran Hutan di Tenerife Spanyol, Puluhan Ribu Orang Diungsikan

Sebaliknya, di tengah kekeringan dan karhutla, beberapa negara seperti Kolombia, Pakistan, China, Korea Selatan dan bahkan India mengalami banjir bandang yang besar. Hal yang sama juga dialami oleh Indonesia.

Muhari menyebutkan contoh di Amerika Utara, di mana Kanada mengalami kebakaran hutan yang parah, namun di Alaska tidak jauh dari situ, terjadi banjir yang signifikan. Di negara-negara seperti Kolombia, Pakistan, China, Korea Selatan, dan India, banjir besar juga terjadi. (Rep/hm22)

Related Articles

Latest Articles