24.3 C
New York
Friday, July 5, 2024

Biro Komite PBB Berharap Prabowo Komitmen Dukung Palestina

Jakarta, MISTAR.ID

Biro Komite Palestina Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) berharap pemerintahan Prabowo Subianto yang akan dilantik Oktober mendatang, tetap berkomitmen mendukung perjuangan Palestina.

Ketua Biro Komite Palestina PBB sekaligus Duta Besar Senegal di PBB Cheikh Niang menyampaikan harapan itu saat konferensi pers di gedung Kementerian Luar Negeri RI, kemarin.

“Indonesia telah memainkan peran besar. Kita tak melihat dukungan Indonesia yang melemah terhadap perjuangan ini,” kata Niang dilansir, Jumat (5/7/24).

Niang menjelaskan, pihaknya sangat menantikan pemerintahan berikutnya untuk mempertimbangkan hal tersebut dan mengembangkan apa yang sudah dilakukan (pemerintah sebelumnya).

Baca Juga : Dampak Serangan Israel, Ribuan Anak Palestina Terkubur di Bawah Reruntuhan

Menurut Niang, Indonesia selama ini memang lantang menyuarakan isu kemerdekaan Palestina termasuk di forum internasional. RI juga terlibat dalam melobi negara-negara lain untuk mengakui kemerdekaan Palestina.

Pada kesempatan lain, Prabowo juga berkomitmen mendukung Palestina. Pada pertengahan Juni lalu, Prabowo bertemu Presiden Palestina Mahmoud Abbas di sela konferensi tingkat tinggi (KTT) darurat di Yordania.

“Kami sangat mendukung Palestina. Bila ada hal lain yang kami bisa lakukan, kami akan lakukan,” kata Prabowo saat bertemu Abbas.

Harapan Palestina dan komitmen Prabowo muncul saat pasukan Israel kian brutal menggempur Gaza. Israel melancarkan agresi sejak Oktober 2023. Selama operasi, mereka menyerang objek dan warga sipil. Hingga kini, lebih dari 37.800 orang meninggal dunia. (dtc/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles