11.6 C
New York
Thursday, May 2, 2024

Ayo! Begini Cara Cek Penerima BLT Subsidi Gaji Bagi Pekerja Rp600 Ribu

Jakarta, MISTAR.ID

Pemerintah kembali menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) berbentuk bantuan subsidi upah (BSU) kepada pekerja dengan gaji di bawah Rp3,5 juta per bulan sebesar Rp600 ribu.

Bantuan itu akan diberikan kepada 16 juta pekerja untuk meredam dampak kenaikan harga BBM subsidi, yaitu pertalite dan solar. Adapun total anggarannya mencapai Rp9,6 triliun.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan bantuan itu akan dicairkan sekali bayar. Namun, bendahara negara belum memastikan mulai kapan bantuan itu akan disalurkan.

Baca juga:Sebagian BLT Pekerja Terlambat, Ini Dia Penyebabnya

“Nanti ibu menakertrans (Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah) akan segera menerbitkan juknisnya (petunjuk teknis) sehingga langsung bisa dilakukan pembayaran kepada para pekerja tersebut,” ujar Sri Mulyani usai rapat bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Senin (29/8/22).

Lantas, bagaimana cara mengecek jika Anda merupakan salah satu penerima BSU?

Baca juga:Horee…, BLT Pekerja Bergaji Di Bawah Rp5 Juta Cair!

Melansir situs resmi Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), berikut langkah untuk mengecek status apakah Anda penerima atau bukan:

1. Kunjungi situs web kemnaker.go.id.
2. Daftar akun
3. Jika Anda belum memiliki akun, daftarkan diri dengan melengkapi data diri, seperti NIK, nama lengkap, dan nama ibu kandung. Aktivasi akun dengan menggunakan kode OTP yang akan dikirimkan ke nomor handphone Anda.
4. Login ke dalam akun Anda
5. Lengkapi profil biodata diri berupa foto profil, tentang Anda, status pernikahan, dan tipe lokasi.
6. Cek pemberitahuan
7.Jika Anda terdaftar, ada centang hijau notifikasi sebagai calon penerima BSU.
8. Jika tidak terdaftar, dan Anda merasa memenuhi persyaratan penerima BSU, Anda bisa menelepon nomor 175 atau WhatsApp ke nomor +6281380070175. (cnn/hm06)

 

Related Articles

Latest Articles