13.6 C
New York
Saturday, April 13, 2024

45 KPM Terima BLT Dana Desa Pardomuan Tahap I 2024

Tapteng, MISTAR.ID

Sebanyak 45 keluarga penerima manfaat (KPM) di Desa Pardomuan, Kecamatan Sirandorung, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) telah menerima bantuan langsung tunai (BLT) dana desa (DD) triwulan I tahun 2024. Hal ini disampaikan Kepala Desa (Kades) Pardomuan, Ganda Purba, Jumat (5/4/24).

BLT dana desa yang telah dibagikan tersebut yaitu bulan Januari sampai Maret 2024 sebesar Rp900 ribu per KPM, masing-masing Rp300 ribu per bulan dan sesuai dengan daftar KPM yang sudah ditentukan.

“Bagi kami, pencairan BLT Dana Desa ini tentunya memudahkan proses monitoring dan pelaporan,” kata Ganda.

Baca juga: Pemdes Lobu Tua Salurkan BLT Dana Desa kepada 47 KPM

Ganda menyampaikan bahwa jumlah KPM selalu berubah dari tahun 2023 ke 2024. Hal ini dikarenakan ada yang meninggal dan tidak memiliki ahli waris. Kebijakan penentuan KPM BLT DD adalah mereka yang belum menerima bantuan dari program lain.

“Makanya jumlah KPM ditentukan melalui Musdessus (musyawarah desa khusus) dan hasilnya terdapat 45 KPM di Pardomuan ini,” ungkapnya.

Selain itu, Ganda juga mengatakan bahwa sejumlah kegiatan pemberdayaan lainnya telah dilaksanakan, mulai dari pemberian tambahan gizi bagi balita dengan susu kotak dan Ibu Hamil, juga tambahan makanan bagi lansia, dan lainnya telah terlaksana dengan baik yang mana juga dari Dana Desa tahun 2024.

Baca juga: Pemdes Sampang Maruhur Salurkan BLT Dana Desa Kepada 38 KPM

“Program penurunan angka stunting yang juga program prioritas pemerintah pusat hingga daerah termasuk Desa kita ini telah kita jalankan, sesuai ketentuan yang ada,” kata Ganda.

Warga mengucapkan rasa terima kasih kepada Pemdes Pardomuan atas penyaluran BLT Dana Desa tersebut.

“Terima kasih kepada pak Kepala Desa Pardomuan, bantuan ini sangat bermanfaat bagi kami keluarga yang tidak mampu,” tutur warga. (syaiful/hm17)

Related Articles

Latest Articles