18.2 C
New York
Wednesday, May 1, 2024

Wali Kota Medan Perintahkan Camat Proaktif Antarkan Warga Positif Covid-19 ke Isoter

Medan, MISTAR.ID

Wali Kota Medan, Bobby Nasution selalu mengingatkan, walaupun saat ini status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berada di Level 2, namun masyarakat tidak boleh lengah dan tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes) ketat.

Tidak hanya itu, Bobby Nasution juga mengingatkan seluruh camat yang ada di Kota Medan untuk lebih proaktif mengantarkan warganya yang positif Covid-19 ke tempat isolasi terpusat (isoter).

Saat ini tempat Isoter yang dimiliki Pemko Medan ada dua, yakni, di Eks Hotel Novotel Soechi Jalan Cirebon Medan dan Gedung Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (P4TK) Jalan Setiabudi, Medan Helvetia.

Baca Juga: Kejar Penurunan Level PPKM di Medan, Kecamatan Maksimalkan Vaksinasi dan 3T

Arahan ini telah dilakukan di Kecamatan Medan Johor. Meski saat ini kasus penyebaran di wilayah Medan Johor tengah menurun atau nihil.

“Tapi  jika ada warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 dan memenuhi syarat ke isoter maka akan kita bawa. Pernah ada satu keluarga yang terkonfirmasi setelah dicek ada wajib isoter dan kita bawa dengan pantau kepala lingkungan dan pihak kelurahan,” kata Camat Zulfakhri Ahmadi, Minggu (24/10/21).

Begitu juga dengan respon dari wilayah Kecamatan Medan Selayang, Plt Camat Medan Selayang, Viza Fandhana menyebutkan Kecamatan Medan Selayang berkolaborasi dengan Puskesmas, Babinsa dan Bhabinkamtibmas akan langsung membawa setiap warga yang positif Covid-19 ke tempat isoter yang ada.

Baca Juga: Gubsu Minta Tetap Jaga SOP dengan Dibukanya Penerbangan Internasional Bandara Kualanamu

Viza menyebutkan dari data yang dimiliki mulai dari tanggal 28 Agustus hingga 8 Oktober 2021 sudah ada 46 warga Kecamatan Medan Selayang yang dibawa ke tempat isoter.

“Sudah ada 46 warga yang kita bawa ke tempat isoter, 45 orang kita bawa ke gedung P4TK dan ada 1 orang ke Asrama Haji,” jelas Viza.

Sama halnya seperti di Medan Kota, Viza juga mengakui kadangkala masih ada warga yang tidak bersedia untuk dibawa ke tempat isoter dan lebih memilih menjalani isolasi mandiri dirumah. Namun dengan himbauan secara persuasif, warga yang positif tersebut akhirnya mau dibawa ke tempat isoter.

Baca Juga: Kapolri Ajak Warga Medan yang Terpapar Covid-19 Memilih Isoter

“Ada saja beberapa warga yang tidak mau dibawa tetapi tetap kita himbau secara persuasif akhirnya mereka mau. Jadi begitu kita mendapat laporan langsung kita cek ke lokasi dan langsung kita antarkan ke isoter,” terangnya.

Sementara itu, Camat Medan Kota, Tengku Chairuniza yang mengatakan arahan yang disampaikan oleh Wali Kota Medan tersebut langsung disampaikan secara berjenjang kepada seluruh jajaran yang ada di Kecamatan Medan Kota mulai dari Lurah hingga ke Kepala Lingkungan untuk menghimbau sekaligus mengajak warganya yang terkonfirmasi positif Covid-19 agar mau dibawa ke tempat isoter yang di miliki Pemko Medan.

“Meskipun kadang masih ada warga yang lebih memilih untuk melakukan isolasi secara mandiri dirumah, namun tetap kami berikan pengertian dan himbauan secara humanis agar warga tersebut mau melakukan isolasi di tempat isoter,” pungkasnya.(anita/hm02)

 

Related Articles

Latest Articles