15.8 C
New York
Tuesday, April 30, 2024

Sampai Medan, Jemaah Haji Kloter 1 Sujud Syukur

Deli Serdang, MISTAR. ID

Jemaah haji kloter 1 embarkasi Medan asal Kabupaten Mandailing Natal telah tiba di tanah air. Jemaah haji tersebut tiba di Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, pada Rabu (5/6/23) sekira pukul 03.10 WIB.

Kepulangan 360 jemaah haji ini menggunakan pesawat Garuda Indonesia GA 3201 dari Jeddah, Arab Saudi. Kedatangan kloter 1 ini terlambat hampir 7 jam dari jadwal semula.

Setelah turun dari tangga pesawat, jemaah haji langsung sujud syukur di aspal landasan. Mereka mencium aspal Bandara Kualanamu sebagai bentuk wujud syukurnya karena telah sampai di tanah air dengan selamat.

Di dalam video itu, terlihat juga puluhan petugas dan panitia haji sibuk menyiapkan kursi roda dan membopong para jemaah yang didominasi lanjut usia untuk turun dari tangga pesawat.

Baca juga: 1 Jemaah Haji Asal Pematang Siantar Meninggal Dunia

Dari tangga pesawat, jemaah haji langsung menaiki bus yang akan membawanya ke Asrama Haji Medan. Di Asrama Haji Medan mereka akan mengikuti kegiatan pelepasan atau pemulangan jemaah ke keluarga masing-masing.

Ketua Tim Bina Haji Reguler dan Advokasi Haji Kanwil Kemenag Sumut, Torang Rambe mengatakan ini adalah kloter awal yang diterima embarkasi Medan dan semua dalam keadaan baik.

“Pada saat mengudara tadi, semua para jemaah haji dalam keadaan sehat. Ini sangat luar biasa sekali para jemaah hajinya. Apalagi ini gelombang pertama tentunya tidak cukup banyak waktu buat mereka,” kata Torang, Kamis (6/7/23) melalui telepon seluler.

Baca juga: Gubernur Sumut Sambut Kedatangan Jemaah Haji Kloter I di Debarkasi Medan

Menurut Torang, semangat para Jemaah membuat mereka bisa memanfaatkan waktu dengan baik.

“Tetapi karena semangatnya, mereka bisa memanfaatkan waktu itu,” ucap Torang Rambe. (Saferius/hm20)

Related Articles

Latest Articles