9.9 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Satu Titik Panas Terpantau di Madina, Malam Ini Sumut Diperediksi Hujan

Medan, MISTAR.ID

Satelit Terra memantau satu titik panas pagi ini di Mandailing Natal (Madina), Rabu (28/4/21). Titik panas (hotspot) itu berada pada Bujur 99.06 dan Lintang 7.60, lokasi di Kecamatan Natal dan masih terlihat pada pukul 10.46 WIB.

“Satu titik panas hotspot terdeteksi hari ini di Kabupaten Madina,” ujar Plt Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah I Medan Eridawati, melalui prakirawannya.

Sebaran hujan yang diprediksi akan terjadi di sejumlah wilayah di Sumut.(foto: ist/mistar)

Sementara itu, potensi hujan dengan intensitas ringan dan sedang diperkirakan masih terjadi di sejumlah wilayah di Sumatera Utara hari ini.

Baca Juga: Revitalisasi Pariwisata KSPN Toba, Bercermin dari Wisata Danau-danau Eropa

“Siang hari nanti hujan ringan hingga sedang berpeluang terjadi di sebagian wilayah lereng timur, pantai timur, pegunungan dan pantai barat Sumatera Utara,” ungkapnya.

Untuk sore dan malam hari, kata dia, potensi hujan ringan hingga lebat berpeluang terjadi di hampir seluruh wilayah di Sumatera Utara. Sementara pada dini harinya, cuaca cenderung berawan.

“Peringatan dini untuk mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di wilayah pegunungan, lereng barat, lereng timur, dan Pantai Timur Sumatera Utara, siang dan malam nanti,” katanya.

Baca Juga: BMKG Deteksi Tujuh Titik Panas di Sumut

Secara keseluruhan, suhu udara berada pada 24.0 – 33.0⁰ C dan kelembaban udara berkisar 60 – 97%. Untuk angin barat daya yang mengarah ke timur laut kecepatannya 5 – 30 Km/Jam.

BMKG memprediksi gelombang laut di Samudera Hindia Barat Niat masuk dalam kategori tinggi yakni 2,5 – 4 meter.

“Sementara untuk perairan utara Sabang, perairan barat Aceh, Meulaboh-Sinabang, Samudera Hindia barat Aceh dan perairan Nias-Sibolga masih dalam kategori sedang yakni 1.25 – 2.5 meter,” pungkasnya.(ial/hm02)

 

Related Articles

Latest Articles