10.1 C
New York
Sunday, May 5, 2024

Kakanwil Kemenag Sumut Salurkan Zakat Profesi ASN

Medan, MISTAR.ID

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sumut Drs H Syahrul Wirda MM menyalurkan Zakat Profesi ASN Kanwil Kemenag Sumut kepada Mustahik melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ). Penyerahan dilangsungkan di Aula Kanwil Kemenag Sumut, Rabu (28/4/21).

Kepala UPZ Kanwil Kemenag Sumut yang juga Kabid Penais Hazawa H Abdul Azhim MA dalam laporannya tahun ini zakat profesi dari ASN akan disalurkan kepada 344 mustahik (penerima) dalam bentuk uang tunai Rp500 ribu rupiah dengan total Rp 167 juta.

Azhim mengungkapkan secara simbolik penyerahan zakat profesi ini akan diserahkan ke sebanyak 40 mustahik dan selebihnya nanti akan diserahkan ke Baznas Sumut untuk disalurkan ke mustahik lainnya.

Baca Juga: Forkopimda Sumut Gelar Rapat Koordinasi Kesiapan Idul Fitri

Ketua Baznas Sumut Drs H Amansah Nasution dalam sambutannya menyatakan bahwa penyaluran zakat profesi sudah dilakukan setiap tahunnya di Kanwil Kemenag Sumut. ” Kami mengucapkan terimakasih atas penyaluran zakat profesi ini karena sangat membantu untuk para mustahik,” kata Amansyah.

Amansyah menegaskan bahwa Baznas Sumut menargetkan penyaluran zakat tahun ini sebanyak Rp7,5 miliar. Tahun lalu mereka menyalurkan senilai Rp4,5 miliar.

Amansyah berharap semakin banyak ASN yang memberikan zakat profesinya maka akan semakin banyak umat yang tidak mampu akan terbantu.

Baca Juga: Gubsu Terbitkan Surat Edaran Pembatasan Kegiatan Ramadhan dan Idul Fitri

Kakanwil Kemenag Sumut Drs H Syahrul Wirda MM menegaskan Kemenag dan Baznas bisa bersinergi untuk pengumpulan zakat sehingga tidak hanya zakat profesi saja yang dikumpulkan tapi lebih dari itu seperti zakat dari Aghnia (orang kaya).

“Zakat dari pengusaha, pedagang, penjual emas ini bisa kita kumpulkan melalui sinergitas antara Kemenag dan Baznas. Bahkan penyalurannya bisa kita koordinir agar tersalur dengan tepat yakni memang orang yang membutuhkan,” kata Syahrul.

Syahrul juga mengungkapkan Baznas kedepan juga akan membantu dalam bentuk modal usaha untuk para pedagang kecil, UMKM sehingga membantu mereka untuk menambah usahanya apalagi bantuan dari Baznas ini tidak ada bunganya.

Selanjutnya dilakukan penyerahan zakat profesi secara simbolik ke Baznas Sumut dan Mustahik oleh Kakanwil Kemenag Sumut.

Hadir dalam acara itu Wakil Ketua I Baznas Sumut Harif Fadillah, Kabid Penmas Erwin Pinayungan Dasopang, KTU HM David Saragih.(iskandar/hm02)

 

Related Articles

Latest Articles