20.3 C
New York
Wednesday, May 8, 2024

Rencana Bioskop Dibuka, Ini Jawaban Praktisi

Medan, MISTAR.ID
Praktisi kesehatan Sumut dr Umar Zein, DTM&H, SpPD, KPTI, tidak membenarkan jika menonton bioskop saat pandemi Covi-19 akan meningkatkan imunitas setiap orang. Karena, menurut dia, tidak ada kaitannya antara menonton dengan menaikan imun manusia.

“Harusnya kalau ada pernyataan yang berbau ilmiah harus didahului dengan penelitian. Jangan berdasarkan pemikiran-pemikiran dan asumsi-asumsi, itu malah akan membuat hoax akan bertambah tentang Covid-19 ini,” kata dia lewat telepon seluler, Senin (31/8/20).

Umar Zein menambahkan, tingkat imunitas seseorang juga susah untuk diukur. Bahkan para ahli kedokteran, sambung dia, juga tidak tahu kapan imunitas seseorang itu dalam kondisi yang tinggi.

Baca juga: Bioskop Terapung di Israel Dibuka Sebagai Tontonan Aman Selama Pandemi

“Kita sendiri juga tidak tahu kapan imunitas kita naik dan turun, parameter pengukuran imunitas itu juga tidak mudah untuk memeriksanya. Jadi kalau ada asumsi dan pemikiran liar, jangan dimunculkan dulu lah. Karena masyarakat tidak semua bisa menilik informasi yang muncul saat ini,” tandasnya.

Baca juga: 4 Juli 2020, London Buka Kembali Bioskop, Museum dan Galeri

Menurut Umar Zein, kalau pemerintah mau membuka bioskop dengan alasan ekonomi hal itu silahkan saja. Tapi Umar Zein menekankan, rencana dibuka kembali bioskop di tengah pandemi jangan dikaitkan dengan imunitas.

“Sehingga belum lagi selesai yang lama malah muncul hoax yang baru, dan ini sumbernya (datang) dari yang resmi. Ini kan akan menjadi hambatan dalam sosialisasi penanggulangan Covid-19 di Indonesia,” jelasnya.

Umar Zein melanjutkan, selama ini yang diupayakan dalam pencegahan penyebaran Covid-19 adalah mencegah kerumunan. Namun kalau memang dalam keadaan terpaksa, dapat dicegah dengan protokol kesehatan.

“Penerapan protokol tetap harus dilakukan, bahkan penerapan protokol kesehatan harus dilakukan secara ketat karena, sudah pasti ini mengundang orang ramai,” ungkap dia.

Sebelumnya, Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Provinsi Sumatera Utara (Sumut), akan membahas terkait dengan rencana pemerintah pusat yang akan membuka kembali bioskop di tengah pandemi Covid-19.

Dia sendiri tidak bisa memberikan keputusan apakah di Sumatera Utara khususnya di Kota Medan akan membuka bioskop saat pandemi Covid-19 saat ini. (Saut/hm06)

Related Articles

Latest Articles