23.1 C
New York
Thursday, May 2, 2024

Polda Sumut Amankan Belasan Preman Medan

Medan, MISTAR.ID
Polda Sumatera Utara bergerak cepat menindak premanisme yang kerap meresahkan masyarakat. Alhasil, setelah perintah Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak, pada Senin (13/3/2023) sore, personel Ditreskrimum Polda Sumut mengamankan belasan preman di Kota Medan.

“Atas perintah Kapolda Sumut, kita ini melakukan penindakan kepada pelaku premanisme guna menciptakan keamanan dan ketertiban di masyarakat dan tentu menjadi atensi kita” sebut Direktur Ditreskrimum Polda Sumut Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja, Selasa (14/3/2023).

Sambung dia, beberapa lokasi di Kota Medan yang menjadi sasaran penindakan. Lokasi tersebut di Jalan Sisingamangaraja Jalan Brigjen Katamso, Jalan Pemuda, Simpang Tol Amplas, Jalan Brigjen Hamid Pasar Titi Kuning.

Baca juga:Operasi Premanisme Polres Batu Bara Berlanjut, 6 Preman Ditangkap

“Lokasi ini kerap terjadi aksi pungutan liar,” sebutnya.

Dari lokasi itu, menurut Tatan, petugas mengamankan 14 orang yang diduga premanisme. “Ada belasan yang kita amankan,” katanya.

Adapun modus operandi dari pelaku premanisme ini adalah melakukan pungutan liar pada masyarakat yang memarkirkan kendaraannya di pinggir jalan, menjadi Pak Ogah dengan cara mengatur arus lalin yang akan berbelok atau berbalik arah sambil meminta uang kepada para pengendara baik roda 4 atau pun lebih.

“Kepada mereka para pelaku kita berikan sanksi membuat pernyataan bahwa mereka berjanji tidak kan mengulangi perbuatannya lagi dan diberikan arahan selanjutnya mereka kami data dan mereka dipulangkan,” katanya.

Berita sebelumnya, Polda Sumut menegaskan segera menindak para pelaku premanisme khususnya pungutan liar (pungli) yang meresahkan masyarakat saat menjalankan aktivitasnya sehari-hari. Hal ini menanggapi statmen Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Ramayadi yang mengaku geram dengan aksi premanisme, yang melakukan Pungli terhadap supir truk, mengangkut logistik.

Baca juga:Tiga Preman yang Pungli Sopir Truk di Pergudangan Tembung Deli Serdang Ditangkap

Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak melalui Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi, Senin (13/3/2022), mengatakan pihaknya terus berupaya melakukan penindakan terhadap pelaku-pelaku premanisme yang meresahkan masyarakat. “Kapolda sudah jauh hari mengeluarkan statment untuk menindak tegas premanisme,” sebutnya.

Hadi menegaskan, Polda Sumut dalam memberantas aksi premanisme terus menggelar Operasi Penyakit Masyarakat (Pekat) dan Opersi Sikat Toba.

“Ya, kita lakukan operasi Sikat dan Pekat,” jelas dia. (saut/hm06)

 

Related Articles

Latest Articles