13.6 C
New York
Thursday, May 2, 2024

Pj Gubernur Sumut Luncurkan Portal Inovatif Simitrasumut

Medan, MISTAR.ID

Penjabat (Pj) Gubernur Sumut Hassanudin, secara resmi meluncurkan portal atau laman Simitrasumut.com dalam acara Kick Off Sumut Linkpreneur di Aula Raja Inal Siregar (RIS), Kantor Gubernur Sumut, Medan, Senin (26/2/24).

Laman ini diharapkan menjadi wadah efektif dalam memfasilitasi kemitraan dan kolaborasi antara Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dengan Usaha Besar dan Menengah (UBM) serta pihak terkait di Sumut.

Hassanudin menyampaikan, portal Simitrasumut.com menjadi langkah positif dalam mendukung pertumbuhan dan pengembangan UMKM.

Baca juga: Hassanudin Dorong PT Bank Sumut Gali Peluang Pengembangan

Portal ini diharapkan mempermudah UMKM untuk mengakses berbagi informasi, berkolaborasi, dan mengakses sumber daya yang dibutuhkan guna meningkatkan kinerja dan daya saing bisnis.

“Dengan semangat dan komitmen bersama, saya yakin program kemitraan usaha di Sumut akan menjadi salah satu pendorong utama bagi pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Sumut,” ujar Hassanudin.

Portal ini merupakan hasil kerja sama antara Pemprov Sumut melalui Dinas Koperasi dan UMKM dengan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo).

Melalui Simitrasumut.com, UMKM akan memiliki kemudahan dalam bermitra dengan pelaku usaha besar, berkomunikasi, berdiskusi, promosi produk dan jasa, serta memetakan lokasi pelaku usaha.

Ketua Umum Apindo, Shinta Widjaja Kamdani, menyambut baik peluncuran aplikasi ini dan berharap Sumut dapat menjadi inisiator dalam memfasilitasi lebih banyak pelaku UMKM.

Baca juga: Dinsos Medan Masih Proses Pengumpulan Untuk Verifikasi DTKS

Ia menyoroti pentingnya mendukung UMKM, yang menyumbang sekitar 61,9% terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Indonesia dan menyerap 97% tenaga kerja lokal.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sumut, Naslindo Sirait menjelaskan, Simitrasumut.com memiliki enam fitur utama. Mulai dari profil koperasi dan UMKM, rekomendasi mitra potensial, kemudahan berkomunikasi, forum diskusi, promosi produk dan jasa, hingga peta lokasi pelaku usaha.

“Dengan diluncurkannya Simitrasumut.com, kontribusi UMKM semakin lebih baik bagi perekonomian Sumut. Koperasi dan UMKM tidak hanya harus berkembang sendiri, tetapi harus bermitra dengan pelaku usaha besar,” pungkasnya. (Hutajulu/hm22)

Related Articles

Latest Articles