13.5 C
New York
Monday, April 15, 2024

Musrenbang, Sekda Ajak Jajarannya Mewujudkan Labusel Sejahtera

Labusel, MISTAR.ID

Bupati Labuhanbatu Selatan (Labusel) diwakili Sekretaris Daerah H. Heri Wahyudi  membuka acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Labusel Tahun Anggaran 2025, di Convention Hall Grandsuma Bloksongo, Senin (26/2/24).

Pada kesempatan tersebut Sekda menyampaikan arahan Bupati H. Edimin bahwa, pelaksanaan Musrenbang tingkat kabupaten ini dilaksanakan dalam rangka menyepakati permasalahan dan prioritas pembangunan daerah. Menyepakati program, kegiatan, pagu indikatif, indikator dan target kinerja serta lokasi.

Kemudian, untuk penyelarasan program dan kegiatan pembangunan daerah dengan sasaran dan prioritas pembangunan provinsi, dan klarifikasi program dan kegiatan yang merupakan kewenangan daerah kabupaten dengan program dan kegiatan desa yang diusulkan berdasarkan hasil musrenbang kecamatan.

Baca juga: Pemkab Labusel Dukung Pencapaian Prioritas Sumut

“Musrenbang pada tahun ini merupakan penjabaran tahun ke 4 dari RPJMD Kabupaten Labuhanbatu Selatan periode 2021-2026. Oleh karena itu kami membutuhkan dukungan bapak ibu untuk bersama-sama membangun Kabupaten tercinta ini,” ungkap Sekda

Berkaitan dengan kondisi saat ini dan perkiraan tahun anggaran 2025, Sekda mengajak untuk memperhatikan prioritas pembangunan di Kabupaten Labusel T.A 2025 yang dijadikan dasar dalam penentuan program dan kegiatan, antara lain pembangunan jalan dan jembatan, pengelolaan air limbah permukiman, pembangunan saluran drainase / gorong-gorong demi terciptanya lingkungan sehat perumahan.

Pemberdayaan dan pengawasan pertanian/ perkebunan, peningkatan pemasaran hasil produksi pertanian/ perkebunan, peningkatan penerapan teknologi pertanian/perkebunan. Penciptaan iklim usaha kecil menengah yang kondusif, pengembangan bumdes, kewirausahaan dan keunggulan kompetitif UMKM.

Setelah itu lanjut pada pengembangan perpustakaan dan peningkatan literasi daerah. Peningkatan kapasitas sumber daya aparatur serta pembinaan dan pengembangan aparatur. Peningkatan promosi dan kerjasama investasi. Terakhir, peningkatan stabilitas daerah serta pembinaan wawasan kebangsaan dan keagamaan.

“Mengacu pada prioritas pembangunan diatas dan RPJMD Kabupaten Labuhanbatu Selatan tahun 2021-2026 serta memperhatikan rancangan tema pembangunan Nasional dan Provinsi Sumatera Utara tahun 2024 dengan menggunakan pendekatan holistik- tematik, integratif, dan spasial, maka tema pembangunan tahun 2025 yang diusung Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan adalah optimalisasi peningkatan kesejahteraan dan kemandirian dengan nilai-nilai religiusitas,” jelas Sekda.

Sementara fokus pembangunan tahun anggaran 2025 diarahkan pada pembangunan infrastruktur, pembangunan sumber daya manusia, peningkatan pelayanan publik dan pemerintahan yang baik dan bersih (Good Governance dan Clean Governance)”Pada momen yang baik ini kembali saya mengajak seluruh lembaga dan seluruh komponen masyarakat untuk mari bersama-sama mewujudkan Labuhanbatu Selatan Sejahtera dan Bermartabat,” tuturnya

Dilanjutkan, dalam proses penyusunan RKPD tahun anggaran 2025 ini, Sekda meminta semua pimpinan dan aparatur perangkat daerah serta seluruh stakeholder untuk berpikiran terbuka, memiliki visi ke depan, terintegratif dan inovatif.

“Perangkat daerah harus mampu mengintegrasikan pembangunan lintas sektor secara struktur serta mampu menjawab permasalahan dan tantangan yang dihadapi pemerintah daerah dan masyarakat Labuhanbatu Selatan,” tutup Sekda (oel/hm17)

Related Articles

Latest Articles