15.6 C
New York
Sunday, May 19, 2024

Pj Gubernur Sumut Dorong Budaya K3 di Seluruh Sektor

Medan, MISTAR.ID

Penjabat (Pj) Gubernur Sumut Hassanudin memimpin Perayaan dan Pemberian Anugerah Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Sumut 2024.

Dalam kesempatan tersebut, Pj Gubernur mengimbau agar budaya K3 dapat diterapkan di seluruh sektor, termasuk ketenagakerjaan, pendidikan, kesehatan, lingkungan hidup, pekerjaan umum, perumahan dan permukiman, pertambangan dan energi, perindustrian, transportasi, serta sektor lainnya yang memiliki potensi dan risiko terjadinya kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja.

Bimbingan dan arahan tersebut disampaikan Pj Gubernur Hassanudin dalam acara yang digelar di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro, Medan, pada Jumat (8/3).

Dalam sambutannya, Hassanudin mengajak seluruh pihak untuk aktif dalam menerapkan budaya K3, dengan menekankan pentingnya pendidikan dan edukasi K3 sejak dini, khususnya di dunia pendidikan dengan metode yang bersifat praktis dan simulasi.

Baca juga:  Hassanudin Dorong PT Bank Sumut Gali Peluang Pengembangan

“Penting bagi kita untuk menyebarluaskan pendidikan dan edukasi K3 sejak dini, khususnya di dunia pendidikan dengan metode yang lebih bersifat praktek dan simulasi,” ungkap Hassanudin.

Selain itu, Pj Gubernur mengingatkan pentingnya identifikasi dan pengendalian potensi bahaya di tempat kerja melalui pengembangan teknologi dan penerapan sistem manajemen K3 yang terintegrasi. Ia juga menekankan perlunya jaminan sosial tenaga kerja melalui BPJS Ketenagakerjaan untuk memastikan pekerja mendapatkan haknya jika terjadi kecelakaan kerja atau penyakit akibat kerja.

Hassanudin menyampaikan, Keselamatan dan Kesehatan Kerja merupakan hal mendasar dan krusial dalam aktivitas kerja. Data BPJS Ketenagakerjaan menunjukkan, pada 2023, terdapat 20.121 kasus kecelakaan kerja di Sumatera Utara. Karena itu, perlunya upaya terencana, terukur, terstruktur, dan terintegrasi dalam mencegah dan mengurangi kecelakaan kerja serta penyakit akibat kerja.

Direktur Bina Kelembagaan K3 Kemnaker Hery Susanto menekankan, perayaan K3 bukan hanya momen seremonial, melainkan juga merupakan wadah dalam upaya pembangunan ekosistem tenaga kerja. Susanto berharap pelaksanaan K3 menjadi prioritas dan perhatian semua pihak untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman dan sehat.

Pada acara tersebut, Pj Gubernur Sumut dan Direktur Bina Kelembagaan K3 Kemnaker memberikan penghargaan K3 kepada sejumlah perusahaan yang telah menerapkan praktik K3 terbaik. Selain itu, mereka juga memberikan asuransi kepada sejumlah ahli waris sebagai bentuk perlindungan bagi tenaga kerja. (Hutajulu/hm20)

Related Articles

Latest Articles