26.3 C
New York
Wednesday, June 26, 2024

Pertamina dan Pemprov Sumut Sidak SPBE, Uji Berat Tabung LPG 3 Kg

Medan, MISTAR.ID

PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut melalui Sales Area Retail Medan bersama dengan Biro Perekonomian dan Bidang Pengembangan Perdagangan Dalam Negeri, serta Tertib Niaga (PPDTN) Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) melakukan inspeksi mendadak (sidak) lapangan ke 2 titik Stasiun Pengisian Bulk Elpiji (SPBE) terbesar di wilayah Kota Medan dan Kabupaten Deli Serdang kemarin.

Sebelumnya, sidak ini juga telah dilakukan sejak Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) di Deli Serdang, pada Selasa (28/5/24).

Sales Branch Manager Pertamina Patra Niaga Rayon I Medan, Sigit Wicaksono mengatakan, dalam sidak itu, Sales Area Retail Medan melakukan pengawasan bersama dengan pemerintah daerah (pemda) memastikan tepat jumlah, takaran dan kualitas LPG 3 kg yang akan diedarkan melalui lembaga penyalur SPBE di wilayah Medan dan Deli Serdang, pada Kamis (30/5/24).

Baca juga:Pemko Warning Pelaku Usaha di Siantar Agar Tidak Pakai Gas LPG 3 Kg

“Kegiatan ini dilakukan guna memastikan kelaikan kuantitas dan kualitas LPG yang akan diedarkan melalui SPBE di wilayah Medan dan sekitarnya,” ujar Sigit dalam keterangan resminya, pada Jumat (31/5/24).

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Perdagangan Dalam Negeri dan Tertib Pemprov Sumut, Sujatmiko mengatakan, pihaknya tidak menemukan adanya anomali atau tidak kesesuaian antara takaran berat tabung dan isi LPG 3 kg di SPBE PT Mitha Sarana Wijaya dan SPPBE PT Petro Gasindo Energy, serta memastikan ukuran dan berat tabung masing-masing sesuai.

“Berdasarkan hasil pengecekan, seluruh sample tabung memiliki berat tabung kosong 5 kg, dengan kuantitas isi pada gas LPG 3 kg yaitu 3.000 gram. Sementara berat tabung dan isi rata-rata berat di atas 8 kg, jadi hasil sampling yang kita ukur semuanya sesuai berdasarkan ketentuan dan aturan,” papar Sujatmiko.

Baca juga:LPG 3 Kg Langka dan Mahal, Warga Palas Mengeluh

Ditambahkan Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting, pihaknya terus memastikan pemutakhiran sistem seluruh lembaga penyalur untuk tetap memberikan layanan terbaik, mulai dari pengisian LPG 3 kg di SPBE hingga yang akan disalurkan ke masyarakat.

“Pertamina secara berkala melakukan pengecekan dan pengawasan di stasiun pengisian gas di SPBE dan SPPBE, agar setiap jumlah dan takaran LPG yang dipasarkan benar-benar tepat ke masyarakat,” terangnya. (anita/hm16)

Related Articles

Latest Articles