29.2 C
New York
Thursday, May 9, 2024

Pentingnya Depth News Dalam Hadapi Era Digital

Medan, MISTAR.ID

Dalam menghadapi era digital saat ini, media pemberitaan seperti media cetak, radio dan televisi harus memiliki strategi. Salah satunya yaitu menerapkan depth news atau berita mendalam.

Sebagai narasumber dalam kegiatan Workshop Jurnalistik dengan tema “Depth News Era Digital”, Nurhalim Tanjung menyampaikan indepth news penekanannya adalah analisis. Beda dengan straight news yang hanya mengutamakan piramida terbalik.

“Kalau indepth news pola penulisannya seperti jam pasir. Kita perlu tim, khusus untuk menulis indepth news di media masing-masing,” ucapnya, Sabtu (21/10/23) di Medan.

Dihadapan puluhan peserta yang hadir, berasal dari berbagai media pemberitaan, pengajar jurnalistik itu melanjutkan, indepth news bisa menjadi berita di halaman utama yang kemudian diperdalam tim khusus.

Baca juga : Hadapi Era Digitalisasi, AMK Medan Persiapkan Platform untuk Generasi Milenial

“Penekanannya juga, di media perlu adanya sumber daya manusia yang mumpuni untuk mengerjakannya,” ujarnya.

Selain itu, kata Nurhalim, untuk membedakan media pemberitaan dengan media sosial, berita indepth news perlu rubrik khusus.

“Perlu juga rubrik untuk mendorong wartawan menulis indepth news, sehingga berita media tidak melulu straight news,” sebutnya.

Menurut Nurhalim, agar seorang jurnalis bisa menulis indepth news dengan baik, harus menguasai tekniknya, dan harus dipraktikkan.

Related Articles

Latest Articles