11.8 C
New York
Monday, May 6, 2024

Pengungsi Afghanistan Minta Bantuan Gubernur Sumut Dikirim ke Negara Ketiga

Medan, MISTAR.ID

Puluhan pengungsi asal afghanistan melakukan aksi unjuk rasa di depan Kantor Gubernur Sumatera Utara, Jalan Pangeran Diponegoro, Medan, Selasa (6/9/22).

Dalam orasi tersebut mereka meminta pertolongan pemerintah daerah untuk dipindahkan ke negara ketiga. Orasi mereka juga membawa poster yang berisikan permintaan pertolongan kepada pemerintah daerah untuk memohon perpindahan.

Dengan membawa payung, massa aksi terdiri dari berbagai usia mulai dari dewasa hingga anak-anak.

Baca juga:IOM Berikan Lemari Pendingin Vaksin dan 5 Transporter ke Pemko Medan

“Kami meminta pertolongan dari pemerintah untuk memindahkan kami ke negara ketiga. Karena 10 tahun di sini sudah cukup,” kata perwakilan pengungsi, Mohammed Juma.

Dalam keterangannya, para pengungsi juga mengingatkan tugas International Organization of Migrant atau IOM untuk membantu penyelesaian tantangan dalam proses perpindahan ke negara ketiga.

“Tanggung jawab utama mereka termasuk mendorong pemerintah untuk pembangunan sosial dan ekonomi yang legal dan sah,” ucapnya.

Pada saat aksi berlangsung, dua perwakilan Pemerintah Provinsi Sumut hadir menerima pengunjuk rasa, yakni Plt Kepala Dinas Kominfo Sumut, Ilyas Sitorus dan Kepala Biro Perekonomian Sekretariat Daerah Provinsi Sumut, Naslindo.

Dalam kesempatan itu, Naslindo mengatakan pihaknya akan mencoba membahas tuntutan massa aksi dengan lembaga terkait. Di antaranya UNHCR, IOM, dan perwakilan Kementrian Luar Negeri.

Baca juga:Pengungsi Afghanistan Unjuk Rasa di Depan Kantor Konsulat AS Medan, Ini Permintaan Mereka

“Dalam hal ini pemerintah daerah tidak memiliki kewenangan terhadap pengungsi. Tetapi kami akan mencoba mencarikan solusi dengan membahas ini dengan lembaga terkait,” ujar Naslindo. (anita/hm06)

 

Related Articles

Latest Articles