11.6 C
New York
Thursday, May 2, 2024

PEMA USU Berganti jadi BEM USU

Medan, MISTAR.ID

Organisasi mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU) yang dikenal dengan sebutan Pemerintahan Mahasiswa (PEMA) kini berganti nama Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM).

Perubahan ini dilakukan Aziz Syahputra yang menjabat sebagai Presiden Mahasiswa (Presma) Interim, setelah mendapat mandat pada Kongres Mahasiswa yang digelar pada 21, 22, dan 23 Agustus 2023.

Kongres itu merupakan momen penting yang menandai keinginan untuk mengubah tata laksana organisasi mahasiswa USU yang dirasa kurang bisa menaungi kepentingan dan dinamika yang semakin berkembang dalam lingkungan mahasiswa USU.

Aziz mengatakan, sebelumnya PEMA USU telah lama menjadi entitas utama dalam mengelola dan mewadahi kegiatan mahasiswa. Namun, perubahan sosial, politik, dan budaya yang terus berubah telah mengubah dinamika mahasiswa, serta menghadirkan tantangan dan peluang baru yang memerlukan adaptasi dalam tata laksana organisasi.

Baca juga: Sanggar Seni Siswo Langgeng Budoyo Jadi Lokasi Pengabdian Mahasiswa USU

“Kongres Mahasiswa menjadi wahana untuk memahami, merenovasi, dan mengembangkan organisasi mahasiswa yang lebih responsif terhadap aspirasi dan kepentingan mahasiswa,” ujarnya, Jumat (15/9/23).

Disebutkan Aziz, salah satu perubahan paling mencolok yang muncul dari Kongres Mahasiswa adalah penggantian nama PEMA USU berganti menjadi BEM USU. Perubahan ini adalah langkah berani yang bertujuan untuk membawa angin segar dalam organisasi mahasiswa USU.

Aziz mengatakan, perubahan tersebut tidak hanya mencakup pergantian nama. Dalam semangat perubahan yang lebih besar, semua mahasiswa dan organisasi mahasiswa di lingkungan USU kini diidentifikasi dan diberdayakan dengan nama Masyarakat Mahasiswa atau disingkat MASMA.

Related Articles

Latest Articles