9.4 C
New York
Monday, May 13, 2024

Paguyuban Ki Onggo Pati Raih Adisatya Literasi

Medan, MISTAR.ID

Paguyuban Ki Onggo Pati Kota Tebing Tinggi, Sumatra Utara (Sumut) meraih Anugerah Adisatya Literasi, Minggu (25/2/24) sore, di Kota Tebing Tinggi. Penghargaan ini merupakan penghargaan puncak dalam bidang pembangunan literasi, yang diberikan oleh Balai Anugerah Literasi Indonesia (Balin).

Paguyuban Ki Onggo Pati diakui oleh Balin sebagai kelompok kesenian masyarakat yang secara signifikan turut berkontribusi dalam memperkuat literasi budaya dan kewargaan. Fokus utama mereka pada pelestarian seni budaya tradisional Indonesia, khususnya seni reog dan jaranan.

“Konsistensi Paguyuban Ki Onggo Pati dalam mengembangkan dan melestarikan seni budaya Jawa menjadikan mereka layak mendapatkan penghargaan Adisatya Literasi,” ungkap Direktur Balin, Abdul Firman, pada Senin (26/2/24).

Baca juga: Berikut Program Penerima Penghargaan Balin

Paguyuban Ki Onggo Pati dianggap sebagai benteng pertahanan terakhir dalam melestarikan seni budaya warisan leluhur bangsa kita. Balin memberikan penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi atas dedikasi mereka dalam menjaga dan menghidupkan kembali kekayaan budaya Indonesia.

Abdul Firman berharap, prestasi dan dedikasi Paguyuban Ki Onggo Pati dalam pembangunan literasi budaya dapat menjadi inspirasi bagi kelompok kesenian tradisional lainnya.

“Balin berharap penghargaan ini akan memicu semangat kelompok-kelompok seni budaya di seluruh Indonesia untuk turut serta dalam melestarikan dan mengembangkan seni budaya bangsa,” pungkasnya. (Hutajulu/hm20)

Related Articles

Latest Articles