19.2 C
New York
Monday, May 20, 2024

Penyerangan Gereja di Burkina Faso Tewaskan 15 Orang

Wagadugu, MISTAR.ID

Sebanyak 15 orang tewas dan dua lainnya terluka akibat serangan yang terjadi di sebuah gereja Katolik di Burkina Faso utara, Minggu (25/2/24).

“Kami menyampaikan kepada Anda mengenai serangan teroris, komunitas Katolik menjadi korban di desa Essakane hari ini, 25 Februari, ketika mereka sedang berkumpul untuk ibadah Minggu,” ujar Vikaris Keuskupan Dori, Jean-Pierre Sawadogo, dalam sebuah pernyataan dilansir, Senin (26/2/24).

Sawadogo mengatakan, korban sementara adalah 15 orang tewas dan dua orang luka-luka. “Kita mengecam serangan ini. Sudah saatnya perdamaian dan keamanan di Burkina Faso menjadi jaminan,” katanya.

Baca Juga : Mengerikan! 60 Warga Desa Tewas Dibantai di Burkina Faso

Peristiwa ini hanyalah yang terbaru dari serangkaian kekejaman yang dituduhkan dilakukan oleh kelompok jihad yang aktif di wilayah tersebut, beberapa diantaranya menargetkan gereja-gereja Kristen sementara yang lain melibatkan penculikan pendeta.

Burkina Faso adalah bagian dari wilayah Sahel yang luas, yang sedang berperang melawan meningkatnya ekstremisme kekerasan sejak perang saudara di Libya pada tahun 2011, yang diikuti oleh pengambilalihan Mali utara oleh kelompok Islam pada tahun 2012. Pemberontakan jihadis meluas ke Burkina Faso dan Niger sejak tahun 2015. (mtr/hm24)

Related Articles

Latest Articles