11.1 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Berikut Program Penerima Penghargaan Balin

Medan, MISTAR.ID

Dua putra langkat yang menerima penghargaan Adisatya Literasi dari Balai Anugerah Literasi Indonesia (Balin) bernama Halimatusahdiah Siregar dan Muhammad Faisal. Keduanya memiliki program yang dinilai berhasil berdedikasi dalam pembangunan literasi.

Halimatusahdiah sendiri merupakan Pengawas Sekolah tingkat Sekolah Dasar (SD) Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Langkat. Balin mencatat Halimatusahdiah Siregar sebagai pengawas SD yang berhasil menggerakkan program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di sekolah-sekolah yang menjadi binaannya.

“Kami sangat bahagia dengan dedikasi Ibu Halimatusahdiah Siregar, untuk itu dengan bangga kami anugerahkan penghargaan Adisatya Literasi kepada beliau,” kata Direktur Balin, Abdul Firman, saat dihubungi, Jumat (9/2/24).

Lebih jauh Firman mengatakan, dedikasi yang dilakukan Halimatusahdiah Siregar kami catat sebagai prestasi elemen bangsa dalam pembangunan literasi Indonesia, dan dedikasinya akan kami abadikan dalam Album Prestasi Literasi Indonesia.

Baca juga: Dua Putra Langkat Terima Penghargaan Adisatya Literasi Balin

Halimatusahdiah Siregar sendiri mengaku tidak menduga bakal mendapat penghargaan bergengsi dari Balin. Baginya, apa yang dilakukannya merupakan kewajiban sebagai pengawas sekolah dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di sekolah-sekolah binaannya.

“Kita fokus mendorong agar sekolah-sekolah binaan melaksanakan program GLS. Penguatan literasi di satuan pendidikan menjadi bagian integral dari upaya peningkatan mutu pendidikan dan penguatan program merdeka belajar,” kata Halimah.

Sedangkan Muhammad Faisal merupakan pendiri Rumah Baca Mendai Kecamatan Secanggang, Langkat. Ia berhasil melakukan ekspedisi literasi di pantai barat Sumut dengan menggunakan sepeda motor.

“Keberhasilannya dalam menjalankan kegiatan literasi pasca pandemi Covid-19 memperlihatkan upaya nyata dalam membangkitkan semangat literasi di masyarakat,” imbuh Firman.

Related Articles

Latest Articles