21.3 C
New York
Saturday, July 20, 2024

MUI & PMI Kota Medan Meriahkan Pekan Khas III dengan Donor Darah

Medan, MISTAR.ID

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Medan bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Medan bekerja sama dalam melakukan donor darah. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Pekan Kuliner Halal, Aman dan Sehat (Khas) III di hari ke-4, Sabtu (20/7/24).

Staf Administrasi PMI kota Medan, Oky Maulana Fahri mengatakan antusiasme masyarakat, khususnya yang sedang dalam kegiatan Pekan Khas III ini cukup tinggi.

“Hingga pagi menjelang siang ini, kurang lebih sudah ada 20 masyarakat yang berpartisipasi dalam kegiatan donor darah. Tentunya akan terus bertambah dan mulai ada kesadaran untuk melakukan donor darah,” ungkapnya saat ditemui mistar di lokasi donor darah Pekan Khas III.

Oky menjelaskan, tahapan awal dalam pelaksanaan donor darah adalah melakukan screening berupa tanya jawab dengan pendonor, pemeriksaan tekanan darah dan ada pengecekan hemoglobin.

Baca juga: Warung Muallaf Berkah Menjadi Sorotan Pengunjung Pekan Khas III

“Nah setelah itu, kalau mereka lulus tahapan tadi baru kita melakukan pengambilan darah,” ujarnya.

Bagi pendonor yang sudah berhasil melakukan donor darah, nantinya akan dilakukan pengecekan ulang di PMI Kota Medan terkait 4 penyakit menular.

“Kita akan melakukan pengecekkan ulang darah terkait 4 penyakit menular, hepatitis B, hepatitis C, sifilis dan HIV. Ketika lulus pengecekan 4 penyakit tadi, baru akan diolah menjadi komponen darah untuk bisa digunakan oleh pasien yang membutuhkan,” katanya.

Beberapa manfaat donor darah juga seperti membantu melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh, menghindari resiko penyakit jantung hingga resiko kolesterol dan asam urat bisa berkurang.

Baca jug: 3 Target Pekan Kuliner Khas III 2024 Medan

Al Amin (40) warga Marendal yang sedang berkunjung ke Pekan Khas III turut menyempatkan melakukan donor darah.

“Kebetulan lagi berkunjung. Ada kegiatan donor darah, jadi saya ikut mendonorkan darah. Soalnya dapat membantu kesehatan seperti melancarkan sirkulasi darah dan saya juga cukup sering melakukan donor darah dengan harapan darahnya dapat dimanfaatkan,” katanya.

Hal senada juga disampaikan Ahmad Suhaimi (56), warga Marendal. Dia mengaku mengetahui kegiatan donor darah melalui grup WhatsApp dan bergegas datang ke Pekan Khas III.

“Saya sudah terbiasa melakukan donor darah per 6 bulan sekali dan kali ini sudah ke 13 kalinya. Alasannya pula untuk kesehatan yang memang saya dianjurkan untuk melakukan donor darah,” tuturnya. (berry/hm25)

 

Related Articles

Latest Articles