13.2 C
New York
Tuesday, April 30, 2024

MoU dengan HIMPSI, Pemko Medan Komitmen Tingkatkan Kualitas Pelayanan dan SDM

Medan, MISTAR.ID

Sebagai bentuk sinergitas pengembangan kepribadian dan kesejahteraan psikologis, serta peningkatan mutu dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), Pemko Medan melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) Sumut.

Perjanjian kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan oleh Wali Kota, Bobby Nasution bersama Ketua HIMPSI Sumut, Siti Aisyah dalam acara pelantikan pengurus dan rapat kerja wilayah (rakerwil) Sumut periode 2023-2027 di Hotel Emerald Garden, Jalan Yos Sudarso, Kota Medan, pada Sabtu (5/8/23).

Bobby berharap, MoU ini bisa meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan publik yang tidak terlepas dari tanggung jawab SDM aparaturnya.

Baca juga: Pemko Medan Diminta Transparan Terkait Pengembalian Uang Proyek Lampu Pocong

“Besar harapan kami kepada HIMPSI Sumut untuk bisa memberikan bimbingan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemko Medan,” paparnya.

Selain itu, Bobby juga meminta agar HIMPSI dapat berperan aktif dalam menangani isu bullying di Sumut, khususnya Kota Medan.

“Bagaimana kasus bullying ini dapat dituntaskan melalui kerja sama yang terjadi bukan hanya di lingkungan sekolah, tetapi juga di lingkungan rumah. Beberapa waktu lalu ada kasus tindakan bullying di lingkungan rumah sampai menghilangkan nyawa. Untuk itu, perlu sentuhan bagaimana kesehatan mental anak-anak ini dijaga,” jelasnya.

Baca juga: Pemko Medan Gratiskan Pengurusan Sertifikasi Halal Bagi Pelaku UMKM

Dia menyebut, saat ini banyak stigma kalau pergi dan berkonsultasi tentang kesehatan mental dengan psikolog klinis atau psikiater adalah orang gila merupakan pemahaman yang salah.

“Mindset atau pola pikir seperti inilah yang harus diubah. Kalau tidak dimulai sekarang, sulit bermimpi untuk mewujudkan Indonesia Emas Tahun 2045. Untuk merubah itu perlu sentuhan dari sisi psikologisnya,” tukasnya.(rahmad/hm16)

Related Articles

Latest Articles