26.9 C
New York
Tuesday, July 16, 2024

Medan Diprediksi Berawan Besok, BMKG: Menuju Musim Kemarau

Medan, MISTAR.ID

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca Kota Medan akan berawan satu harian besok, pada Minggu (11/2/24).

Disebutkan, bahwa cuaca tersebut merupakan masa peralihan dari musim hujan ke musim kemarau.

Hal itu diungkapkan Prakirawan BMKG Wilayah I Medan, Budi Prasteyo, saat dihubungi mistar.id melalui sambungan telepon seluler, pada Sabtu (10/2/24).

Baca juga:BMKG Prediksi Tidak Ada Hujan di Medan Hari Ini

“Besok diperkirakan Kota Medan berawan saja, hampir sama seperti hari ini. Kota Medan (saat ini) menuju musim kemarau,” ungkapnya.

Namun, lanjut Budi, pihaknya masih menunggu data terbaru, karena dibutuhkan data hujan 3 dasarian untuk menentukan musim kemarau atau hujan di suatu wilayah.

Di samping itu, Budi mengungkapkan, kondisi cuaca berawan seharian di Kota Medan besok disebabkan oleh massa uap air yang cukup kering.

“Massa uap air yang masuk cukup kering dan kondisi lapisan atas atmosfer cenderung stabil. Sehingga pembentukan awan kurang signifikan. Kalaupun hujan, bersifat lokal dan tiba-tiba,” sebutnya.

Baca juga:BMKG Ungkap Penyebab Cuaca Terik di Medan Hari Ini

Di tengah musim yang sedang masa peralihan tersebut, BMKG mengimbau masyarakat Kota Medan untuk senantiasa jaga kesehatan.

“Kami mengimbau masyarakat agar tetap jaga kesehatan, banyak minum air supaya tak kekurangan cairan tubuh. Mengingat dalam beberapa terakhir kondisi di Kota Medan cukup panas,” imbau Budi.

Serta juga, sambungnya, tetap pantau informasi terbaru terkait kondisi cuaca di laman BMKG. Sebab, perubahan cuaca sangat cepat, sehingga tetap ada peluang hujan lebat dan angin kencang. (deddy/hm16)

Related Articles

Latest Articles